Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Panjang Luwur Makam Sunan Kudus 105 Meter



Reporter:    /  @ 14:35:30  /  11 Oktober 2016

    Print       Email
Pengurus Yayasan Makam dan Masjid Mendara Kudus (YM3SK) saat berada di lokasi Buka Luwur Makam Sunan Kudus, Selasa. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Pengurus Yayasan Makam dan Masjid Mendara Kudus (YM3SK) saat berada di lokasi Buka Luwur Makam Sunan Kudus, Selasa. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Ritual tahunan menganti kain penutup makam Sunan Kudus atau sering disebut buka luwur berlangsung  tertutup, Selasa (10/10/2016). Hanya para tamu undangan khusus yang diperkenankan hadir.

Hal itu diungkapkan Ketua Ketua Yayasan Makam dan Masjid Mendara Kudus (YM3SK) M Nadjib Hasan. Menurutnya ganti luwur makam Sunan Kudus mencapai panjang 105 meter. Panjangnya luwur tersebut terbagi dalam 36 potong, dengan berbagai jenis luwur. Dari luwur yang terbaik.

“Semuanya adalah bantaun, tidak hanya umat Islam saja, namun nonmuslim juga banyak yang bantu. Soalnya Kanjeng Sunan Kudus ini tepo selironya tinggi sekali,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Sumbangan itu tidak dari satu orang saja, tapi lebih dari itu. Pihaknya tidak ingin jika penyumbang dimonopoli satu atau dua orang saja. Sehingga, tiap tahun penyumbangnya banyak yang berbeda. Dalam pelaksanaan ganti luwur tahun ini, panitia juga mendapatkan bantuan 14, 5 ton beras, 10 ekor kerbau, serta 70 ekor kambing yang dimasak oleh para panitia dan tukang rewang.

“Mudah-mudahan itu semua cukup untuk masyarakat yang datang. Namun sepertinya masih ada sisa beras, yang nantinya juga akan kami bagikan dengan warga sekitar,” ujarnya.

Pada momen Buka Luwur kali ini dibuatkan 30 ribu bungkus Nasi Berkah untuk masyarakat. Kemudian 2.500 bungkus untuk undangan khusus dalam pelaksanaan ganti luwur.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →