Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

IPK Tinggi Tak Jamin Seseorang Dapat Pekerjaan



   /  @ 12:02:03  /  11 Oktober 2016

    Print       Email
Adityo pemilik konsultan karir “Career Guide Indonesia saat berbicara di depan mahasiswa UMK. (Universitas Muria Kudus)

Adityo pemilik konsultan karir “Career Guide Indonesia saat berbicara di depan mahasiswa UMK. (Universitas Muria Kudus)

MuriaNewsCom, Kudus- Selama ini banyak pemahaman yang tumbuh di kalangan mahasiswa bahwa IPK tinggi akan memudahkan seseorang mendapatkan pekerjaan pascalulus. Padahal, kenyataan menunjukkan IPK tinggi tidak menjamin seseorang mudah memperoleh pekerjaan.

Hal tersebut diungkapkan Ahmad Hilal Madjdi Mpd saat menjadi keynote speaker dalam acara seminar karir hasil kerja sama Universitas Muria Kudus (UMK) dengan Bank Central Asia (BCA) di Aula Masjid Darul Ilmi Senin (10/10/2016).

Dalam kegiatan yang diikuti tak kurang dari 180 peserta mahasiswa calon wisudawan itu, Hilal mendorong para calon lulusan agar selalu menyiapkan diri menghadapi ketatnya dunia kerja. Apalagi sejak era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) telah diberlakukan.

“Sekarang yang dibutuhkan perusahaan itu keahlian, bukan nilai. IPK itu belakangan. Jadi adanya seminar karir kali ini supaya membuka wawasan para calon wisudawan UMK. Sehingga tak hanya bergantung pada IPK tinggi,” terangnya

Dikatakannya selama kuliah mahasiswa telah banyak diberi pembekalan baik itu yang sifatnya teori maupun praktik. Untuk itu, pihaknya optimistis bahwa mahasiswa ketika lulus sangat siap menghadapi tantangan dunia kerja ke depan. Tak lupa Hilal juga berpesan supaya dalam bekerja nantinya selalu mengutamakan kejujuran.

“Pertama-tama yang perlu sejak sekarang adalah membiasakan jadi orang jujur, mempunyai kemampuan dan siap bersaing dan IPK tinggi kalau tidak jujur sama saja,” pesannya

Sementara itu, Adityo pemilik konsultan karir “Career Guide Indonesia” yang pada kegiatan tersebut menjadi narasumber mengatakan, ketika seorang mahasiswa telah lulus dari bangku kuliah, sebelum ia diwisuda setidaknya telah mengenal karakter dirinya kekurangan dan lebihnya karena hal itu penting saat seseorang melakukan wawancara kerja.

“Dalam tahap interview seringkali banyak pertanyaan yang sifatnya jebakan. Dan bagi orang yang baru pertama pasti akan bingung. Untuk itu lah pentingnya mengenal diri sendiri baru setelahnya perusahaan yang dituju,” paparnya

Selain Adityo hadir sebagai narasumber Teguh Aaron Munir salah seorang profesional di bidang perbankan dan pemilik perusahaan PT. Aaron Munir Indonesia dengan produk bermerk Natures Energy pemasok makanan organik untuk perusahaan retail nasional dan internasional seperti AEON, Farmers Market, dan Foodhall.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →