Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Gus Dur Pernah Datangi Makam di Ngepungrojo Pati Ini, Ada Apa?



Reporter:    /  @ 11:11:17  /  11 Oktober 2016

    Print       Email
Dr Sri Margana dari UGM (kanan) berkunjung ke Makam Mbah Khalifah di Desa Ngepungrojo, Kecamatan Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Dr Sri Margana dari UGM (kanan) berkunjung ke Makam Mbah Khalifah di Desa Ngepungrojo, Kecamatan Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sebuah makam yang berada di masjid Desa Ngepungrojo, Kecamatan Pati Kota benar-benar menyimpan misteri yang belum terungkap. Banyak tokoh spiritual, termasuk ulama-ulama besar datang ke situ.

Warga mengenalnya sebagai Makam Mbah Khalifah. Satu kompleks makam yang terletak di dalam masjid tersebut terdapat tiga makam dengan ukuran yang cukup besar. Sejarah tentang eksistensi makam sendiri masih simpang siur.

Juru kunci, Moh Marwi mengaku, Makam Mbah Khalifah beberapa kali dikunjungi ulama-ulama besar, seperti Habib Luthfi Bin Yahya, hingga Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Sementara itu, ulama besar seperti Mbah Abdullah Salam dari Kajen justru menjadi pembina makam tersebut.

“Habib Luthfi pernah datang ke sini. Kalau Gus Dur sudah lama datang ke sini tanpa diketahui orang banyak. Kalau Mbah Abdullah Salam menjadi pembina di sini sejak ayahnya, Mbah Salam, termasuk Mbah Nawawi,” kata Marwi.

Terakhir, dosen sejarah Universitas Gadjah Mada Dr Sri Margana yang sedang menempuh penelitian untuk meraih gelar profesor juga berkunjung ke Makam Mbah Khalifah. Dia datang sekadar untuk melihat makam yang diduga pernah menjadi tokoh penting pada abad ke-15 hingga abad ke-16 tersebut.

Namun, dia belum berani memastikan siapa sosok di balik makam yang selama ini dikenal masyarakat Mbah Khalifah. Pasalnya, butuh dukungan literatur, naskah-naskah, hingga prasasti yang mumpuni untuk memastikan siapa sosok di balik makam tersebut.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →