Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
NIKAH MUDA, ANUGERAH ATAU MASALAH?

Zulhijah, Jadi Bulan Paling Romantis



Reporter:    /  @ 21:00:50  /  10 Oktober 2016

    Print       Email
 Kepala KUA Kecamatan Nalumsari Dhou’ul Khamid menunjukkan data pengajuan nikah. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Kepala KUA Kecamatan Nalumsari Dhou’ul Khamid menunjukkan data pengajuan nikah. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Bulan Zulhijah dalam penanggalan Hijriah atau Islam, yang biasa disebut Besar (dalam penanggalan Jawa) menjadi bulan paling romantis bagi sebagian masyarakat di Kabupaten Jepara. Pasalnya, pada bulan tersebut ribuan pasang menikah. Bahkan, pada momen bulan tersebut paling banyak warga Jepara menikah.

Hal itu seperti yang dikatakan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Keling, Jepara, Hisyam Zamroni. Pada momen bulan Zulhijah, banyak sekali masyarakat yang mengajukan dan melaksanakan prosesi pernikahan.

“Itu terjadi merata di hampir semua KUA yang ada di wilayah Kabupaten Jepara. Saat bulan Zulhijah, pasti pengajuan nikah banyak sekali. Jika di rata-rata saat Zulhijah sekitar 110 hingga 160 pengajuan nikah,” terang Hisyam kepada MuriaNewsCom, Senin (11/10/2016).

Hal senada juga dikatakan Kepala KUA Kecamatan Nalumsari Jepara,  Dhou’ul Khamid. Menurutnya, paling banyak pernikahan yang dicatat oleh KUA Nalumsari terjadi pada dua bulan penting yakni saat Syawal dan Zulhijah.

“Di Nalumsari, pada dua bulan menurut perhitungan Islam itu banyak yang mengajukan nikah. Dibanding bulan-bulan lainnya, itu yang paling banyak,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk bulan dalam perhitungan nasional, tahun 2016 ini terjadi pada Juli dan September. Itu bertepatan dengan bulan Syawal dan Zulhijah pada penanggalan Islam.

Kepala Kemenag Jepara, M Muhdi melalui staf Bimas Islam, Dewi Siti Muzaidah membeberkan, untuk Januari hingga September 2016 ini, tercatat sudah ada ribuan peristiwa pernikahan yang tercatat di KUA di kecamatan masing-masing.

“Dari data yang ada, pada Januari ada 620 pasang yang dinikahkan, Februari ada 405, Maret ada 479, April ada 752, Mei ada 1292, Juni ada 188, Juli ada 1401, Agustus ada 247, dan September ada 3008,” papar Dewi.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →