Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
NIKAH MUDA, ANUGERAH ATAU MASALAH?

Ada Warga yang Menikah di Usia 14 Tahun



Reporter:    /  @ 20:00:03  /  10 Oktober 2016

    Print       Email
Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Nalumsari Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Nalumsari Jepara, Dhou’ul Khamid. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Nikah merupakan suatu momen yang ditunggu dan dinanti-nanti bagi sebagian orang yang sudah menginjak dewasa. Siapa sangka, di Kabupaten Jepara, nikah dilakukan saat masih berusia cukup muda, yakni sekitar 20 tahun.

Hal itu seperti yang dikatakan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Nalumsari Jepara,  Dhou’ul Khamid. Menurutnya, secara umum warga di Jepara menikah pada usia yang cukup masih muda. Terutama yang terjadi di wilayah pedesaan seperti di wilayah Kecamatan Nalumsari.

“Biasanya perempuan baru lulus sekolah sudah dinikahkan. Tapi kalau di rata-rata usianya kisaran 20 tahun. Sedangkan untuk laki-laki cenderung usianya di atas si perempuan,” ujar Khamid kepada MuriaNewsCom, Senin (11/10/2016).

Lebih lanjut ia mengemukakan, selain paling banyak usia 20 tahun yang menikah, ada pula yang usianya sangat remaja, yakni 14 tahun. Bagi warga yang usianya di bawah batas minimal usia perkawinan yakni 16 tahun bagi perempuan, maka harus mendapatkan dispensasi nikah dari Pengadilan Agama (PA).

“Kalau untuk di Kecamatan Nalumsari, yang menggunakan dispensasi nikah hanya ada dua orang dari Januari hingga saat ini. Alasan dispensasi nikah itu dilakukan karena dalam kondisi darurat,” katanya.

Ia menerangkan, dalam kondisi darurat tersebut adalah si perempuan sudah terlanjur hamil duluan. Itu pun diyakini menjadi penyebab utama dispensasi nikah dikeluarkan oleh pihak PA bagi warga di bawah umur yang mau menikah.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →