Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ribuan Porsi Bubur Asyura di Kawasan Menara Kudus Siap Dibagikan



Reporter:    /  @ 14:00:43  /  10 Oktober 2016

    Print       Email
Sejumlah ibu memasak bubur Asyura di kawasan Menara Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Sejumlah ibu memasak bubur Asyura di kawasan Menara Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Ribuan porsi bubur Asyura, selalu habis dibagikan kepada warga sekitar Menara Kudus. Ribuan porsi bubur tersebut, sengaja dibuat oleh ibu-ibu dan juga remaja putri Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK).

Satu dari petugas masak bubur Asyura di kawasan Menara Kudus adalah Mufalihah. Dia menjelaskan bubur tersebut menandai dilaksanakannya Buka Luwur Makam Kanjeng Sunan Kudus, pada 10 Muharam yang jatuh Selasa (11/10/2016).

“Sekarang dalam proses pemasakan,dan nantinya akanĀ  dibagikan kepada warga sekitar masjid Menara Kudus. Khususnya adalah warga Desa Kauman, Kecamatan Kota yang memang sangat dekat dengan masjid menara,” katanya kepada MuriaNewsCom, Seni (10/10/2016).

Selain Kauman, desa lain yang juga mendapa bagian bubur Asyura adalah Desa Damaran, Desa Kerjasan, Desa Langgar Dalem beserta desa sebelah lainnya.

Dia menjelaskan, untuk memasak ribuan porsi, dimulai sekitar pukul 05.15 WIB hingga selesai. Proses pembuatan bubur dilaksanakan dua kali. Pertama pembuatan bubur dan bumbu, kemudian proses kemasan dan taburan di atas bubur.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksankan setiap tahun. Jadi menjelang Buka Luwur dilaksanakan kegiatan semacam ini sebagai rentetan,” jelasnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →