Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Tanggul di Tegowanu Grobogan Jebol, Ratusan Warga Dievakuasi ke Tempat Aman



Reporter:    /  @ 10:07:28  /  10 Oktober 2016

    Print       Email
Salah satu rumah warga di Desa Ketanggirejo mulai terendam banjir akibat melubernya air dari Sungai Renggong dan Kliteh yang tanggulnya jebol. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Salah satu rumah warga di Desa Ketanggirejo mulai terendam banjir akibat melubernya air dari Sungai Renggong dan Kliteh yang tanggulnya jebol. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Bencana banjir kembali menerjang Desa Ketanggirejo, Kecamatan Tegowanu, Minggu (09/10/2016) malam. Akibat bencana ini, ada ratusan warga yang diungsikan ke lokasi aman.

Tindakan ini dilakukan, lantaran air sudah masuk perkampungan penduduk. Bahkan, puluhan rumah sudah ada yang terendam air hingga 1 meter.”Benar, ada banjir lagi di Ketanggirejo. Banjir datang sekitar pukul 20.00 WIB. Ini, saya masih di lokasi untuk mengevakuasi warga,” kata Camat Tegowanu Kasan Anwar.

Penyebab banjir itu sama seperti dua pekan lalu. Yakni, akibat ada ruas tanggul Sungai Renggong dan Sungai Kliteh yang jebol. Namun pada dua pekan lalu, luapan air tidak sampai masuk perkampungan penduduk. Hanya menggenangi areal sawah dan pekarangan.

“Kali ini, arus airnya lebih deras dibandingkan sebelumnya. Kemungkinan, tanggul yang jebol lebih parah. Saat ini, kita fokus menyelamatkan warga lebih dulu,” sambung Kasan.

Menurut Anwar, melubernya air kedua sungai renggong itu disebabkan hujan deras di daerah hulu yang berada di wilayah Kabupaten Semarang dalam beberapa hari terakhir. Kondisi itu menjadikan beberapa ruas tanggul tidak kuat menahan banyaknya debit air.

“Sebelumnya, kita bersama perangkat desa sudah rutin memonitor kondisi tanggul. Namun lantaran air sungai saat ini deras banget, maka sebagian ruas tanggul bisa jebol. Saat ini, kami masih keliling lapangan bersama unsur muspika dan BPBD,” katanya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →