Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Akumandiri Dorong UMKM Bersaing di Tingkat Internasional



Reporter:    /  @ 16:20:07  /  9 Oktober 2016

    Print       Email
kudus-umkm-e

Pengurus Akumandiri Kudus sudah siap untuk dilantik dan melaksanakan tugasnya mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah agar bisa bersaing di tingkat internasional. (Istimewa) 

MuriaNewsCom, Kudus – Asosiasi Industri Usaha Mikro dan Kecil Menengah Indonesia (Akumandiri) kini telah melebarkan sayapnya di berbagai kota di Indonesia. Termasuk di Kabupaten Kudus.

H Sofiyan Hadi selaku nahkoda Akumandiri Kudus mengatakan, lembaga ini memang bertujuan untuk ikut serta memajukan UMKM yang ada di Kudus. ”Lembaga ini memang dibentuk supaya bisa menampung para pelaku UMKM yang ada di Kudus. Pengurusnya sudah terbentuk, dan dalam waktu dekat bisa dilantik. Oktober inilah kami targetkan pelantikannya,” terangnya.

Menurut Sofiyan, dirinya bersama dengan pengurus daerah lainnya, memang mendapatkan mandat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Akumandiri, untuk bisa menjalankan kepengurusan di Kudus. ”Makanya, kami mempersiapkan diri untuk bisa bersilahturrahmi dengan berbagai pihak, termasuk Bapak Bupati, guna memperkenalkan keberadaan kami ini,” tuturnya.

Kepengurusan yang ada, sebagaimana disampaikan Sofiyan, sudah terbentuk. Termasuk dari kalangan profesional. Sehingga nantinya, pengurus sudah siap untuk menjalankan tugasnya, begitu selesai dilantik.

Noor Halim, pengurus DPP Akumandiri Bidang Kerja Sama Usaha Antar Lembaga dan Kemitraan menyampaikan, Akumandiri akan bersinergi dengan pemerintah, dalam membantu peningkatan daya saing UMKM. Baik lokal, nasional, maupun global.

”Peran yang akan diambil antara lain pemberdayaan dan melestarikan nilai-nilai budaya yang mulai luntur tergerus zaman. Sehingga bisa digali lagi, agar tidak hilang dalam peradaban Nusantara,” ujarnya.

Terkait pemberdayaan UMKM, diakuinya bahwa masing-masing daerah memiliki nilai jual budaya dan potensi masing. Akumandiri mendorong agar berbagai potensi UMKM yang ada, bisa bersaing di pasar internasional.

”Untuk itu, dari sisi packaging harus diperhatikan. Pemasaran juga mesti mendapatkan sentuhan teknologi informasi, agar kualitas produk UMKM bisa berdaya saing,” imbuhnya.

Editor: Merie

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →