Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Anggota Ubaloka Kwarcab Grobogan Disiapkan Bantu Penanganan Bencana



Reporter:    /  @ 12:00:11  /  9 Oktober 2016

    Print       Email
Anggota unit bantu pertolongan pramuka (Ubaloka) saat mengikuti kegiatan pra gladi tangguh penanganan bencana,beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Anggota unit bantu pertolongan pramuka (Ubaloka) saat mengikuti kegiatan pra gladi tangguh penanganan bencana,beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Terkait maraknya bencana yang terjadi di berbagai daerah, Kwarcab 11 15 Grobogan menyiapkan anggota unit bantu pertolongan pramuka (Ubaloka). Nantinya, anggota Ubaloka ini akan diterjunkan untuk membantu proses pertolongan terhadap korban bencana.

“Pramuka harus punya jiwa penolong dan tabah serta tanggap terhadap segala macam bencana khususnya yang terjadi di Kabupaten Grobogan. Kalau melihat bencana alam, maka pramuka tidak boleh berpangku tangan,” kata Ketua Kwarcab 11 15 Grobogan Icek Baskoro.

Menurut Icek, agar bisa melakukan tugas dengan baik di lokasi bencana, para anggota Ubaloka itu digembleng dalam kegiatan Gladi Tangguh Ubaloka. Sebanyak 60 orang yang ikut ambil bagian dalam gladi khusus tersebut. Kegiatan gladi dijadwalkan pada 9-13 November mendatang.

“Peserta gladi ini berasal dari unsur Pramuka Penegak dan Pandega dari berbagai utusan Gugus Depan SLTA dan Satuan Karya di Kwarcab Grobogan. Para peserta ini merupakan peserta yang terseleksi dan wajib mengikuti kegiatan pra gladi tangguh yang diselenggarkan setiap hari Minggu di bulan Oktober ini,” jelas Icek didampingi Humas Kwarcab Agus Winarno.

Masih dijelaskannya, selama lima hari peserta gladi akan mendapatkan beragam materi yang terkait penanganan bencana. Antara lain, materi  pembinaan fisik dan mental, pertolongan pertama pada gawat darurat, pembuatan dapur umum, pemadaman kebakaran, teknik pencarian dan evakuasi korban di darat. Untuk instruktur pelatihan akan melibatkan dinas instansi terkait dengan materi yang disampaikan.

“Pemusatan Gladi Tangguh akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kalacakra Waduk Sanggeh, Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh. Di tempat ini sarana untuk pelatihan sudah cukup memadai untuk praktek lapangan,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →