Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Distribusi BBM ke Karimunjawa Akan Gunakan Kapal Tangker Khusus



Reporter:    /  @ 20:56:47  /  7 Oktober 2016

    Print       Email
Kapal kayu yang mengangkut BBM, KM Jasa Samudra, tiba di Karimunjawa, Jepara, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Kapal kayu yang mengangkut BBM, KM Jasa Samudra, tiba di Karimunjawa, Jepara, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – PT Pertamina memastikan bahwa Agen Penyalur Minyak dan Solar (APMS) di Karimunjawa Jepara segera direalisasikan dan dapat beroperasi pada pertengahan Oktober 2016 nanti. Setelah APMS beroperasi, pengangkutan atau distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Karimunjawa akan menggunakan kapal tangker khusus.

“Setelah APMS terbentuk dan beroperasi, pengangkutan dan distribusi BBM menjadi tanggung jawab PT Pertamina. Sehingga nanti pengangkutannya menggunakan kapal tangker khusus,” ujar Sales Eksekutif Retail (SER) Pertamina Jateng, Edwin Sabri RI kepada MuriaNewsCom.

Selama ini, pengangkutan BBM ke Karimunjawa menggunakan kapal kayu. Meski sempat ada layaran usai peristiwa kebakaran kapal pengangkut BBM, namun atas dasar darurat pengangkutan menggunakan kayu kembali diperbolehkan. Setelah APMS terbentuk, nanti pengangkutan ditanggung Pertamina menggunakan kapal tangker khusus tersebut.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Jepara, Eriza Rudi Yulianto menjelaskan, jika APMS itu memang akan segera beroperasi, pihaknya memastikan bahwa harga BBM di Karimunjawa bisa setara dengan yang lain. Kecuali ada harga lain yang harus dibayar.

“Ini seumpama saja. Tapi sejauh pengetahuan saya tidak ada. Sehingga harga BBM nanti kami pastikan sama. Selama ini harga BBM tinggi karena beban pengangkutan masih ditanggung agen. Kalau sudah ada APMS tidak ada alasan harga BBM masih mahal karena pengangkutannya sudah di tanggung pertamina,” katanya.

APMS tersebut diperkirakan bisa menampung 80 hingga 100 ton bensin dan solar. APMS itu nantinya akan melayani 13 pengecer. Lokasinya tersebar di kawasan Karimunjawa. APMS dibentuk untuk menormalkan harga BBM di Karimunajawa agar sama dengan daerah lain.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →