Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Pemilik Hak Suara Pilkada Jepara Berkurang 60 Ribu



Reporter:    /  @ 19:52:05  /  7 Oktober 2016

    Print       Email

f-pilkada-jepara

MuriaNewsCom, Jepara – Pemilik hak suara pada Pilkada Jepara 2017 berkurang dibanding pada pemilu sebelumnya. Sejauh ini diperkirakan akan berkurang mencapai 60 orang atau pemilih. Itu diketahui setelah dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).

“Berdasarkan coklit yang sudah dilakukan bisa diketahui banyak yang dicoret. Itu artinya, jumlah pemilih dalam Pilkada nanti juga berkurang,” ujar Komesiomer KPU Jepara, Anik Sholihatun kepada MuriaNewsCom, Jumat (7/10/2016).

Menurutnya, hasil coklit akan menjadi dasar bagi KPU Jepara untuk menetapkan daftar pemilih pada Pilkada Jepara 2017. Meskipun pihaknya belum menerima laporan detail mengenai hasil coklit PPDP di lapangan. Namun, berdasarkan hasil kalkulasi sementara, daftar pemilih mengalami penyusutan sekitar 60 ribu. Dihitung dari daftar pemilih hasil sinkronisasi antara Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu terakhir dan pemilih baru.

“Ada penyusutan yang cukup banyak. Daftar pemilih hasil singkronisasi berjumlah 972.164 orang. Waktu pertengahan coklit, daftar pemilih yang dihapus sekitar 30 ribu orang. Sehingga kalau diratakan sampai hari terakhir menjadi dua kali lipat yaitu 60 ribu orang,” jelas Anik.

Ia menjelaskan, faktor yang mempengaruhi penghapusan tersebut, di antaranya, pemilih sudah meninggal dunia, pemilih sudah pindah domisili, atau daftar pemilih ganda. Dari beberapa faktor tersebut paling banyak diketahui karena terdaftar sebagai pemilih ganda.

Anik menambahkan, penghapusan daftar pemilih bisa karena telah diangkat menjadi TNI. Sehingga hak pilihnya menjadi gugur. Sebaliknya, TNI yang sudah pensiun akan didata sebagai pemilih saja. Hanya untuk faktor ini di Jepara tidak ada.

“Intinya tidak imbang antara pemilih pemula dengan yang dicoret. Jauh lebih banyak yang dicoret daripada pemilih pemula,” ucapnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →