Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Tiba Lebih Awal, Banyak Jemaah Haji Grobogan Kloter 46 Terlambat Dijemput Keluarga



Reporter:    /  @ 10:15:30  /  7 Oktober 2016

    Print       Email
Rombongan jemaah haji Grobogan kloter 46 saat tiba di Pendapa Kabupaten Grobogan, Jumat (07/0/2016)(MuriaNewsCom/Dani Agus)

Rombongan jemaah haji Grobogan kloter 46 saat tiba di Pendapa Kabupaten Grobogan, Jumat (07/0/2016)(MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Sesuai rencana, rombongan jemaah haji Grobogan yang tergabung dalam kloter 46 tiba di tanah air, Jumat (07/10/2016). Rombongan sebanyak 359 orang tiba di Pendapa Kabupaten sekitar pukul 04.40 WIB.

Kedatangan jemaah haji di pendapa ini lebih awal dari jadwal sebelumnya. Hal ini disebabkan pesawat yang mengangkut para jemaah mendarat lebih awal di Bandara Adi Sumarmo Solo.

Jadwal kedatangan semula, jemaah tiba di bandara pukul 02.15 WIB. Namun, pada pukul 01.05 WIB, pesawat yang mengangkut jemaah dari Madinah sudah mendarat.

Kemudian, pada pukul 01.45, rombongan jemaah sudah tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali dan dimasukkan ke dalam Gedung Muzdalifah. Setelah itu, dilakukan serah terima jemaah haji dari petugas embarkasi pada petugas daerah di dalam gedung tersebut.

Sedianya, jika pesawat mendarat sesuai jadwal sebelumnya, para jemaah akan melaksanakan Salat Subuh di Donohudan. Namun, lantaran pesawat tiba satu jam lebih awal, akhirnya jemaah langsung dipulangkan ke Grobogan.

“Terpaksa kita lakukan perubahan acara karena kedatangan jemaah ternyata lebih awal. Sehingga, Salat Subuhnya dikerjakan di komplek setda Grobogan,” kata Plt Kepala Kemenag Grobogan Ali Ichwan yang memimpin penjemputan jemaah di Asrama Donohudan.

Sekitar pukul 02.30 WIB, rombongan jemaah haji meninggalkan Asrama Donohudan untuk pulang ke kampung halaman menggunakan delapan bus. Ada pula satu bus lagi yang disiapkan pihak panitia untuk cadangan. Dari rombongan jemaah tersebut, ada dua orang yang terpaksa pulang naik ambulans karena mengalami kelelahan setelah menempuh perjalanan jauh.

“Alhamdulillah, dari 359 jemaah yang masuk kloter 46 tidak ada yang tertinggal alias bisa pulang semuanya. Secara keseluruhan, semua jemaah dalam kondisi sehat. Memang, tadi ada beberapa jemaah yang mengeluh kecapekan dan kita minta istirahat di poliklinik asrama haji,” imbuh Ali.

Rombongan jemaah kloter 46 ini akhirnya tiba di Pendapa Kabupaten sekitar pukul 04.30 WIB. Begitu turun dari bus, para jemaah langsung diminta menunaikan Salat Subuh terlebih dahulu sebelum pulang.

Kedatangan jemaah disambut langsung Bupati Grobogan Sri Sumarni. Terlihat pula, Sekda Grobogan Sugiyanto dan Kabag Kesra Moh Arifin. “Selamat datang kami ucapkan pada seluruh jemaah haji kloter 46. Semoga semuanya bisa mendapat pahala haji yang mabrur. Jangan lupa, setelah pulang untuk tetap menjaga kesehatan,” kata Sri Sumarni saat menyambut kedatangan jemaah.

Di sisi lain, kedatangan jemaah lebih awal dari rencana itu juga sempat bikin repot. Sebab, banyak jemaah yang terpaksa harus menunggu jemputan cukup lama dari pihak keluarganya.

Hal ini terjadi lantaran dalam pemberitahuan sebelumnya, jemaah haji dijadwalkan tiba di pendapa kabupaten pukul 06.30 WIB. Tetapi, pada kenyataannya, jemaah sudah datang di situ dua jam lebih awal.

Datangnya jemaah lebih awal juga sempat bikin kecele beberapa pejabat. Sebab, ketika datang ke pendapa pukul 06.30 WIB, sesuai dengan undangan tetapi suasana di situ sudah lengang lantaran semua jemaah sudah pulang.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →