Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ganjar : Kembangkan Wisata di Jepara Dengan Hati dan Ide



Reporter:    /  @ 19:42:01  /  6 Oktober 2016

    Print       Email
Gubernur Ganjar Pranowo saat hadir dalam sarasehan Ngopi Bareng membahas tempat wisata di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Gubernur Ganjar Pranowo saat hadir dalam sarasehan Ngopi Bareng membahas tempat wisata di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir di sarasehan bertajuk Ngopi Bareng Ganjar dengan para pegiat wisata Jepara di halaman parkir pantai Bandengan, Kamis (6/10/2016) petang.

Dalam obrolannya, Ganjar meminta agar wisata di Jepara dikembangkan melalui hati dan ide yang kreatif. “Kembangkan wisata di Jepara ini melalui hati dan ide yang kreatif. Tidak mengandalkan tuntutan dan perbaikan infrastruktur saja,” kata Ganjar.

Ia mencontohkan salah satu daerah yang berhasil mengembangkan potensi wisata demikian, yakni di salah satu desa di wilayah NTB. Di sana, kata Ganjar, menguatkan karakter pedesaannya. Beberapa aktivitas masyarakat desa dijadikan objek wisata, seperti aktivitas mengaji di sore hari, panjat pohon kelapa dan beberapa aktivitas masyarakat desa lainnya.

“Semua aktivitas desa itu ditulis sedemikian rupa kemudian dipublikasikan dengan baik. Hasilnya luar biasa, mampu menarik banyak wisatawan asing. Sampai-sampai ketika wisatawan ikut kegiatan masyarakat desa itu diberi tarif yang mahal. Kemudian mewajibkan wisatawan mengenakan sarung, dan itu justru semakin menarik minat turis,” terang Ganjar.

Ia mengatakan, itu yang dimaksud menggunakan hati dan ide kreatif. Pikiran para turis itu justru banyak yang ingin berwisata di tempat dan suasana yang tenang, alami dan menyediakan kegiatan yang asing bagi mereka.

“Sekarang eranya tehnologi. Banyak sekali media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi potensi wisata. Semuanya bisa dikemas dengan baik. Semisal aktivitas di pedesaan mengaji, itu bisa dipromosikan sedemikian rupa dengan visualisasi yang bagus. Itu justru bisa menarik minat wisatawan asing untuk datang,” jelasnya.

Selain memberikan masukan itu, Ganjar juga mendengarkan banyak keluhan dan gambaran mengenai potensi wisata di Kabupaten Jepara. Ganjar juga meminta agar wisata kuliner seperti kopi khas juga bisa dikembangkan melalui kemasan yang lebih menarik.

“Jepara ini menjadi salah satu dari empat daerah yang menjadi konsen saya dalam mengembangkan sektor pariwisata. Sebab Jepara memiliki Karimunjawa. Selain itu ada Borobudur dan Dieng. Saya harap ke depan dapat semakin maju dengan pesat,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →