Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

Blora Siaga Bencana Alam



   /  @ 16:30:09  /  6 Oktober 2016

    Print       Email
 Bupati Blora Djoko Nugroho memimpin Rakor Kesiapsiagaan Menghadapi Hujan Tahun 2016-2017 di Ruang Pertemuan Setda Blora, Kamis, (06/10/2016). (Humas Setda Pemkab Blora)


Bupati Blora Djoko Nugroho memimpin Rakor Kesiapsiagaan Menghadapi Hujan Tahun 2016-2017 di Ruang Pertemuan Setda Blora, Kamis, (06/10/2016). (Humas Setda Pemkab Blora)

MuriaNewsCom, Blora – Bupati Blora Djoko Nugroho memimpin Rakor Kesiapsiagaan Menghadapi Hujan Tahun 2016-2017 di Ruang Pertemuan Setda Blora, Kamis, (06/10/2016). Rakor ini dihadiri oleh perwakilan dinas/instansi terkait, Forkopimda Kabupaten Blora, camat serta Perwakilan BUMN dan BUMD se-kabupaten setempat.

Djoko menyampaikan penanggulangan bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab semua lapisan masyarakat. Di musim hujan seperti saat ini sangat rawan terjadi bencana banjir dan juga tanah longsor. Diharapkan Forkopimcam dapat memberikan sosialisasi kepada seluruh masyarakat untuk terus siap siaga terhadap bencana.

“Meskipun terjadinya bencana tidak dapat diprediksi dengan tepat, diharapkan keberadaan posko di setiap daerah rawan bencana dapat memberikan ketenangan bagi warga,” katanya.

Bupati meminta masyarakat di daerah yang memiliki titik rawan bencana untuk membentuk posko bencana dan menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan. Salah satunya adalah pelampung.
Dalam paparannya, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Blora, Sri Rahayu enyampaikan bahwa Kabupaten Blora rawan terjadi bencana banjir, tanah longsor dan angin topan dengan potensi yang kecil. Meskipun demikian diingatkan kepada masyarakat untuk tetap waspada karena bencana dapat terjadi kapan saja dan di mana saja.”Sebagai contoh adalah bencana banjir bandang yang terjadi di Garut,” katanya.

BPBD Kabupaten Blora telah siap mengatasi bencana yang terjadi. Akan tetapi masih diperlukan bantuan dari beberapa pihak terkait, misalnya TNI dan Polri dalam penanganan bencana, Perhutani untuk melakukan pencegahan dengan program penghijauan, serta dinas/instansi untuk melakukan sosialisasi bencana serta menjalankan program Jumat Bersih.

Kodim 0721/Blora dan Polres Blora menyatakan siap membantu penanggulangan bencana. Ke depan diharapkan dapat dibentuk tim penanggulangan bencana satu pintu, sehingga seluruh koordinasi dapat terpusat serta bantuan dapat dikelola dan didistribusikan dengan baik. Sehingga bantuan tersebut dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →