Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Bupati Grobogan Minta Kepala SKPD Lebih Cermat Kelola Barang Milik Daerah



Reporter:    /  @ 12:30:33  /  6 Oktober 2016

    Print       Email
Bupati Grobogan Sri Sumarni menyampaikan beberapa catatan saat membuka Pembekalan Penatausahaan Barang Milik Daerah yang dilangsungkan di Gedung Riptaloka, Rabu (05/10/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Bupati Grobogan Sri Sumarni menyampaikan beberapa catatan saat membuka Pembekalan Penatausahaan Barang Milik Daerah yang dilangsungkan di Gedung Riptaloka, Rabu (05/10/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Para kepala SKPD diminta lebih intensif dalam melakukan pengamanan, pengawasan dan pengendalian atas barang milik daerah (BMD) yang berada dalam penguasaannya. Hal itu penting dilakukan dalam rangka mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang didapat atas laporan keuangan tahun anggaran 2015 lalu.

“Prestasi meraih opini WTP itu harus bisa kita pertahankan terus. Salah satu upayanya adalah mengelola dan mendata aset dengan baik,” kata Bupati Grobogan Sri Sumarni, saat membuka Pembekalan Penatausahaan Barang Milik Daerah yang dilangsungkan di Gedung Riptaloka, Rabu (05/10/2016).

Menurutnya, data aset itu diperlulan sebagai bahan untuk menyusun neraca didalam laporan keuangan. Oleh karena itu, tanpa adanya data aset yang baik, maka tidak akan dapat disusun laporan keuangan yang akurat.

“Data aset dan data keuangan ibarat dua sisi mata uang didalam laporan keuangan. Keduanya memiliki peran yang sama pentingnya. Saya minta hal ini supaya diperhatikan dengan baik,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala DPPKAD Grobogan Moh Sumarsono menambahkan, terkait pentingnya mempertahankan opini WTP yang sudah diraih, pihaknya sengaja menggelar pembekalanbagi para pengurus barang dan operator Sistem Informasi Manajemen Daerah Barang Milik Daerah (SIMDA BMD) di semua SKPD. Sebanyak 140 petugas yang menangani BMD akan mengikuti pembekalan selama empat hari.

Dijelaskan, dengan pembekalan tersebut, diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan ketrampilan para pengurus barang dan operator SIMDA. Khususnya, terhadap penguasaan aplikasi SIMDA BMD Produk BPKP versi terbaru.“Untuk kegiatan ini, kami menghadirkan narasumber dari BPKP Jawa Tengah,” katanya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →