Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Pejabat Eselon II Pemkab Grobogan Jalani Tes Asesmen di Yogyakarta



Reporter:    /  @ 11:30:31  /  6 Oktober 2016

    Print       Email
 Bupati Grobogan Sri Sumarni. Ia mengatakan, pelaksanaan tes asesmen bagi para pejabat eselon II dalam rangka implementasi Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. (MuriaNewsCom/Dani Agus)


Bupati Grobogan Sri Sumarni. Ia mengatakan, pelaksanaan tes asesmen bagi para pejabat eselon II dalam rangka implementasi Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Para pejabat eselon II di lingkup Pemkab Grobogan sejak Rabu (05/10/2016) tidak ada satupun yang berada di kantornya. Dari informasi yang didapat, para pejabat ini ternyata sedang berada di Yogyakarta. Tujuannya, untuk mengikuti tes asesmen yang dilangsungkan selama dua hari, hingga hari ini, Kamis (06/10/2016).

“Semua pejabat eselon II wajib mengikuti tes asesmen dari Badan Kepegawaian Negara wilayah DIY. Pelaksanaan tes dilangsungkan di salah satu hotel di Yogyakarta selama dua hari,” kata sumber yang enggan ditulis namanya tersebut.

Pelaksanaan tes asesmen untuk pejabat eselon II yang baru pertama kalinya digelar itu ada kaitannya dengan sudah ditetapkannya Perda Perangkat Daerah, pada Rabu (28/09/2016) lalu.

Dengan adanya perda baru tersebut, sudah ditetapkan 29 SKPD di Kabupaten Grobogan dengan penggolongan yang disesuaikan beban kerjanya. Terdiri dari Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat, 4 badan, 21 dinas, dan Satpol PP. Sebelum ditetapkan perda, jumlah SKPD ada 31.

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni ketika dimintai komentarnya membenarkan adanya pelaksanaan tes asesmen bagi para pejabat eselon II tersebut. Menurutnya, tes tersebut dilakukan dalam rangka implementasi Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Tes tersebut salah satu tujuannya adalah untuk menyediakan profil kompetensi para pejabat eselon II melalui pengukuran secara sistematis. Hasil tes nanti, dapat dimanfaatkan oleh pemegang kebijakan kepegawaian sebagai bahan pertimbangan dalam pembinaan dan pengembangan aparatur di Pemkab Grobogan.“Semua pejabat eselon II ikut tes asesmen ini. Pelaksanaannya dijadwalkan selama dua hari, dari kemarin sampai hari ini,” kata Sri.

Dijelaskan, berkaitan dengan sudah ditetapkannya Perda Perangkat Daerah, maka dalam waktu dekat akan dilakukan penataan struktur organisasi tata kerja (SOTK) yang di dalamnya termasuk pengisian pimpinan SKPD. Sebelum melaksanakan kebijakan tersebut, perlu melakukan pemetaan kompetensi bagi pejabat.

“Dari hasil tes nanti akan diketahui profil lengkap kompetensi dan kemampuan tiap pejabat eselon II. Dengan data ini nanti akan kita gunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam pengisian jabatan,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →