Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Tak Ada Kesepakatan, Penentuan Besaran Upah Minimum di Jepara Ditunda



Reporter:    /  @ 19:26:32  /  5 Oktober 2016

    Print       Email

MuriaNewsCom, Jepara – Penentuan besaran upah minimum kabupaten (UMK) di Kabupaten Jepara tidak menemui titik temu. Sidang dewan pengupahan yang digelar secara tertutup di kantor Dekopinda Jepara berakhir tanpa kesepakatan alias deadlock.

Kabid Hubungan Industrial dan Pengawas Tenaga Kerja pada Dinsosnakertrans Jepara Edi Wijayanto, didampingi Kasi Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Hidayat mengatakan, rapat dihadiri di antaranya Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sahli Rais, Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jepara Murdiyanto, PC RTMM Agus S dan perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) Jepara itu ditunda dan kembali digelar pada Senin (10/10/2016) pekan depan.

”Tidak dicapainya kesepakatan lantaran perwakilan serikat pekerja bersikukuh penentuan UMK didasarkan pada survei kebutuhan hidup layak (KHL). Sedangkan Apindo ingin besaran UMK didasarkan pada PP Nomor 79 tahun 2015 atau didasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Jateng Nomor 65 tahun 2014 sebagaimana penetapan tahun lalu,” ujar Edi Wijayanto, Rabu (5/10/2016)

Menurutnya, masing-masing asosiasi maupun serikat pekerja diberikan kesempatan agar berkordinasi dengan jajaran masing-masing. Bagi serikat pekerja, akan berkonsolidasi dengan anggotanya yang bekerja di semua sektor industri. Demikian pula Apindo yang merangkum semua industri, mulai dari skala besar maupun kecil.

Adapun usulan-usulan besaran UMK tahun 2017 yang muncul yakni Rp 1.658.339 yang diusulkan oleh serikat pekerja didasarkan perhitungan KHL terakhir serta tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Jika didasarkan pada murni Pergub dengan perhitungan KHL terakhir didapati angka Rp 1.549.056.

”Sedangkan jika mengacu pada PP, maka didapati usulan UMK sebesar Rp 1.458.540. Semua usulan tersebut, diketahui diatas UMK tahun ini yang hanya Rp 1.350.000,” imbuhnya.

Editor: Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →