Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Inflasi Kudus di Bawah Jateng dan Nasional



Reporter:    /  @ 12:24:45  /  5 Oktober 2016

    Print       Email

inflasi

MuriaNewsCom, Kudus – Kudus mengalami inflasi pada September 2016 sebesar 0,04 persen. Dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) 129,70. Inflasi itu sangat tinggi dibandingkan dengan Jateng dan nasional.

Kasi Statistik dan Distribusi BPS Kudus Wiwik Jumiyati mengatakan, Kudus mengalami inflasi sebesar 0,04 persen pada September 2016. Sedangkan Jawa Tengah mengalami inflasi sebesar 0,09 persen. Sementara nasional hanya mengalami deflasi 0,22 persen.”Pada September, inflasi Kudus lebih tinggi dibanding Austus 2016 deflasi 0,48 persen dengan IHK 129,65. Tidak setinggi Jateng serta nasional yang mengalami inflasi yang cukup tinggi,” kata Wiwik.

Di Jawa Tengah, Kudus menduduki peringkat kedua dari bawah dari enam kota Survei Biaya Hidup (SBH). Seluruhnya mengalami inflasi pada September. Inflasi tertinggi, yakni di Kota Semarang sebesar 0,13 persen, diikuti Kota Tegal sebesar 0,07 persen, Surakarta 0,06 persen, Cilacap 0,05 persen kemudian Kudus 0,04 persen. Inflasi terendah terjadi di Purwokerto dengan 0,02 persen.

Wiwik mengatakan, terjadinya inflasi di Kudus disebabkan karena adanya penurunan harga, yang ditunjukkan oleh naiknya indeks beberapa kelompok. Seperti bahan pokok jenis minuman dan juga makanan. Ditambahkan, jenis komoditas yang memberikan sumbangan inflasi seperti tarif pulsa ponsel, bawang merah, pasir, rokok serja jus buah. Sedangkan kelompok pengeluaran yang paling besar membuat inflasi, adalah rokok dan tembakau yang mencapai 0,31 persen, kelompok kesehatan 0,02 persen, dan transportasi serta komunikasi 0,44 persen.

Selain itu, beberapa kelompok malah mempengaruhi deflasi karena penurunan harga. Seperti telur ayam ras, cabai rawit, kangkung, semen, wortel, pisang dan beras. “Kalau laju inflasi kalender, yakni sebesar 1,15 persen. Sedangkan Year to year (September 2016 terhadap September 2015) sebesar 2,18 persen,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →