Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Proyek Saluran Waduk Logung Caplok Lahan Seenaknya



Reporter:    /  @ 22:03:53  /  3 Oktober 2016

    Print       Email
Sejumlah pekerja menyelesaikan proyek Waduk Logung Kudus. (MuriaNewsCom)

Sejumlah pekerja menyelesaikan proyek Waduk Logung Kudus. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – DPRD Kudus diwaduli warga Desa Honggosoco dan Hadipolo, Kecamatan Jekulo. Mereka curhat adanya dugaan pencaplokan tanah mereka dalam pembangunan talut saluran irigasi Waduk Logung, Senin (3/10/2016).

Kepala Desa Honggosoco Baidowi mengatakan rincian dari warga adalah lima orang dari Desa Honggosoco dan empat warga Hadipolo. Adapun lima warga Honggosoco yang tanahnya terkena proyek, Asrori dari RT 2 RW 2, Muchlis  dari RT 7 RW 2, Miftahudin RT 6 RW 1, Jupri RT 5 RW 2, dan Saiful Anas RT 7 RW 2.

Sedangkan empat lainnya warga Desa Hadipolo, Achmad Jazuli asal RT 3 RW 4, Maskotik RT 1 RW 5, Anggun RT 3 RW 5 dan Mochal RT 4 RW 4.  Mereka memiliki sertifikat sebagai bukti atas kepemilikan lahan. “Ada buktinya,” kata Baidowi.

Pemerintah Desa Honggosoco mengaku tak pernah diajak komunikasi oleh pelaksana proyek. Temasuk juga, sosialisasi juga tak dilakukan . Jadi saat warga melapor ke Pemdes, pihaknya juga tidak bisa memberi penjelasan. “Karena kami juga tidak memiliki informasi banyak terkait proyek itu,” tambahnya.

Pihaknya juga kesulitan menghubungi pelaksana proyek. Bahkan kontraktor tidak memasang papan nama proyek. Pemdes juga tidak tahu siapa yang mengerjakan proyek ini.  “Warga kami arahkan untuk mengadu ke DPRD Kudus,” ujarnya.

Pihaknya belum bisa memastikan berapa luas lahan milik warga yang kena proyek tersebut. Sedangkan kepastiannya menunggu pengukuran dari BPN.

Ketua DPRD Kudus Masan didampingi Wakil Ketua Komisi C DPRD Kudus Edi Kurniawan meninjau lokasi proyek. Mereka juga menemui warga yang mengaku memiliki sertifikat tanah persis di pinggir sungai yang terkena proyek tersebut.

“Kami akan mengundang BPN untuk menjelaskan status tanah, sebelum nanti menggelar audiensi antara pelaksana proyek dan warga pemilik lahan,” kata Masan.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →