Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Beras Bantuan Pemerintah di Karimunjawa Jepara Diperjualbelikan



Reporter:    /  @ 14:06:25  /  3 Oktober 2016

    Print       Email
beras

Seorang petugas mengecek bantuan beras pemerintah di Karimunjawa, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Setiap tahun wilayah terluar Kabupaten Jepara yakni Karimunjawa mendapatkan bantuan pangan berupa beras, baik dari provinsi maupun kabupaten. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi warga setempat ketika musim baratan tiba sebagai cadangan ketersediaan pangan. Namun, diketahui bantuan berupa beras tersebut tidak sepenuhnya digratiskan, tetapi diperjualbelikan.

Hal itu seperti yang dikatakan oleh Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kabupaten Jepara, Adi Nugraha melalui Kasubbid Tata Usaha Budi Bawa Yuwana. Menurutnya, setiap tahun wilayah Karimunjawa diberi stok beras. Untuk tahun ini dari provinsi sebanyak 9,5 ton, dan dari KKP Jepara sudah distok sebanyak 1,8 ton.

“Rencananya nanti akan ditambah sebanyak 8 ton beras untuk cadangan pangan di Karimunjawa. Sehingga total untuk tahun ini sekitar 19, 3 ton beras khusus untuk Karimunjawa, yang terdiri dari beberapa desa seperti Desa Karimunjawa, Kemujan, Parang dan lainnya,” ujar Budi kepada MuriaNewsCom, Senin (3/10/2016).

Menurutnya, saat kondisi belum darurat, pihaknya mengizinkan bantuan tersebut dijualbelikan. Hanya harga yang dibebankan kepada masyarakat harus di bawah standar harga pasar. Misalnya, jika di pasar harga per-kilogram Rp 10 ribu, maka dapat dijual dengan harga Rp 9,5 ribu.

“Tetapi kalau sudah masuk musim baratan, dalam kondisi darurat harus dibagikan secara gratis kepada masyarakat setempat. Sudah ada pengelola gudang penyimpanan sendiri yang juga bisa mengatur distribusinya kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, stok pangan untuk wilayah Karimunjawa hanya untuk makanan pokok yakni beras. Sedangkan untuk yang lain seperti sayur-mayur dan yang lainnya dipasrahkan kepada swasta. Selain itu, dari masyarakat sendiri juga diyakini sudah bersiap menghadapi musim baratan dengan mempersiapkan sejumlah kebutuhan untuk beberapa hari ke depan.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →