Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ratusan Haji Asal Pati Bakal Gelar Tasyukuran Sepulang dari Tanah Suci



Reporter:    /  @ 14:03:53  /  3 Oktober 2016

    Print       Email
Ribuan warga Pati memadati kawasan Alun-alun Pati, Senin (03/10/2016). Mereka menyambut kedatangan keluarga sepulang haji dari Tanah Suci. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Ribuan warga Pati memadati kawasan Alun-alun Pati, Senin (03/10/2016). Mereka menyambut kedatangan keluarga sepulang haji dari Tanah Suci. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak 355 haji asal Pati dari kloter 37 tiba di Pati, Senin (03/10/2016) sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka disambut keluarga besar yang sudah mulai memadati kawasan Alun-alun Pati sejak pukul 06.00 WIB.

Seperti tradisi kepulangan haji pada umumnya, mareka akan menggelar tasyukuran di rumah sebagai wujud rasa syukur telah menunaikan rukun Islam yang kelima. Rofiqoh adalah satu di antara ratusan haji yang akan menggelar tasyakuran.

“Alhamdulillah, kami merasa terjamin di Tanah Suci, mulai dari akomodasi, makanan, hingga keamanan. Semuanya terjamin. Setibanya di rumah nanti, kami akan menggelar tasyakuran sederhana. Itu sudah menjadi tradisi warga di sini,” ujar perempuan asal Desa Slungkep, Kecamatan Kayen ini.

Hal itu menjadi cara bagi warga untuk mengungkapkan syukur, karena sudah diberi kesempatan menjadi haji. Di Tanah Suci, Rofiqoh bersama suami, Sudarlan, banyak memanjatkan doa. Dia percaya, berdoa di Tanah Suci akan terkabul.

“Di Tanah Suci, kami berdoa untuk diri sendiri dan keluarga supaya diberi keselamatan dunia dan akhirat, anak-anak saya menjadi generasi yang saleh, termasuk berdoa agar diberikan rezeki yang banyak dan melimpah. Sepulang di rumah, seperti tradisi pada umumnya, kami rencananya akan berbagi air zamzam dan oleh-oleh dari Tanah Suci lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Staf Kasi Urusan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Pati, Agus Anshori memastikan bila semua jemaah haji yang tiba di Pati, Senin (03/10/2016) dalam kondisi selamat dan sehat walafiat. “Di Pati, kloter 37 yang pertama datang. Pada kloter pertama, total 335 jemaah yang semuanya sudah dipastikan dalam kondisi sehat,” ucap Agus.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →