Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Sejumlah Persyaratan Bakal Paslon Bupati Jepara Dikembalikan



Reporter:    /  @ 15:12:41  /  1 Oktober 2016

    Print       Email
rapat-pleno

Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri saat memimpin rapat pleno di kantor KPU setempat, Sabtu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Sejumlah persyaratan pencalonan dan calon dari bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara untuk Pilkada Jepara 2017 dikembalikan oleh Komisi Pemiliha Umum (KPU) Jepara. Karena sejumlah item persyaratan masih belum sepenuhnya dipenuhi alias harus diperbaiki.

Penyerahan tersebut dilakukan setelah disampaikan hasil verifikasi syarat pencalonan dan calon di kantor KPU Jepara, Sabtu (1/10/2016). Dalam agenda rapat pleno itu juga disampaikan hasil tes atau pemeriksaan kesehatan yang telah dilalui oleh kedua bakal paslon Bupati Jepara.

Hadir dua bakal paslon yakni Ahmad Marzuqi – Dian Kristiandi dan Subroto – Nur Yahman. Mereka hadir bersama para tim pemenangan masing-masing. Selain itu hadir pula sejumlah tokoh masyarakat dan beberapa instansi terkait, termasuk dari Panwaslu Jepara.

Penyampaian hasil verifikasi sendiri dilakukan oleh anggota KPU Jepara Andi Rakhmat. Sedangkan rapat pleno tersebut dipimpin oleh ketua KPU Jepara M Haidar Fitri.

Disampaikan, sejumlah persyaratan yang harus diperbaiki masinh-masing calon berbeda-beda. Ada yang harus melengkapi ketersediaan untuk cuti kampanye lantaran calon petahana, ada pula yang harus melengkapi identitas alamat lengkap yang sesuai dengan KTP, dan ada pula harus melengkapi dokumen bukti bebas hutang.

Selain beberapa item kekurangan berbeda-beda, ada pula yang sama item yang harus dipenuhi kedua bakal paslon yakni naskah visi misi yang diusung harus mendapatkan rekomendasi dari Bappeda Jepara. Mereka diharuskan memiliki visi misi yang selaras dan sesuai dengan kondisi riil yang ada di Jepara, serta berkelanjutan dari program sebelumnya.

“Berdasarkan aturan yang ada memang dibutuhkan rekomendasi dari Bappeda. Itu penting agar nantinya pembangunan Jepara bisa berkesinambungan,” ujar Haidar.

Menurutnya, bakal paslon memilili kesempatan tiga hari mulai besok untuk melakukan perbaikan sejumlah berkas administrasi yang kurang tersebut. Diharapkan, waktu tersebut dapat dimanfaatlan dan dimaksimalkan sebaik-baiknya.

“Karena hanya tiga hari, maka batas akhir perbaikan diserahkan ke KPU pada hari Selasa sampai pukul 24.00 WIB,” kata Haidar.

Sementara berkait dengan hasil tes kesehatan. Semua calon dinyatakan memenuhi syarat. Artinya, para calon tidak memiliki penyakit yang dapat menghalangi proses pencalonan serta dinyatakan bebas dari narkoba.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →