Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Tergerus Air Sungai, Jalur Penghungung Dua Desa di Grobogan Ini Terancam Putus



Reporter:    /  @ 14:44:39  /  1 Oktober 2016

    Print       Email
Ruas tanggul di pinggiran Sungai Serang mendesak untuk diperbaiki karena kerusakannya semakin parah. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Ruas tanggul di pinggiran Sungai Serang mendesak untuk diperbaiki karena kerusakannya semakin parah. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Akses jalan penghubung antara Desa Pulorejo dengan Desa Cingkrong di Kecamatan Purwodadi terancam putus. Penyebabnya, ada ruas tanggul di pinggiran jalan tersebut yang longsor akibat tergerus air Sungai Serang.

Jika tidak segera ditangani, maka longsoran itu akan memakan ruas jalan. Kalau hal ini terjadi, maka akses menuju dua desa tersebut bakal terganggu.Informasi yang didapat menyebutkan, longsornya tanggul tersebut sudah berlangsung lama. Pada awalnya, titik tanggul yang longsor hanya sedikit.

Namun saat ini, panjang longsoran sekitar 30 meter dengan lebar mencapai 10 meter. Pada titik paling parah, jarak longsoran tanggul dengan jalan hanya berkisar 5 meter saja.

“Sebenarnya, longsornya tanggul itu sudah sempat ditangani secara gotong royong. Namun, perbaikan darurat itu tidak bisa tahan lama karena terkena arus air yang sangat deras,” kata Yatin, warga setempat.

Kepala Desa Cingkrong Jasmi ketika dimintai komentarnya menyatakan, lokasi yang terkena longsoran itu berada di wilayahnya. Tepatnya di Dusun Widuri.

Menurutnya, akses jalan tersebut dinilai cukup penting. Sebab, jalan itu merupakan akses terdekat dari desanya menuju ke jalan raya Purwodadi-Semarang setelah melewati Desa Pulorejo.

“Soal longsornya tanggul di sebelah timur aliran sungai Serang itu sudah kita laporkan pada dinas terkait. Kita berharap longsoran itu bisa segera ditangani karena akses jalan itu penting sekali buat warga,” katanya.

Pernyataan senada juga dilontarkan Kepala Desa Pulorejo Sujatmo. Menurutnya, longsoran tanggul yang makin melebar itu memang harus mendapat penanganan segera biar tidak tambah parah.“Perbaikan ini harus dilakukan dari pihak kabupaten atau provinsi. Sebab, biayanya cukup besar karena longsornya sudah luas,” katanya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →