Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

30 Prajurit TNI di Pati Naik Pangkat di Hari Kesaktian Pancasila



Reporter:    /  @ 11:46:53  /  1 Oktober 2016

    Print       Email
Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan Korps Prapot Kenaikan Pangkat anggota TNI dilaksanakan di Makodim 0718/Pati, Sabtu (01/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan Korps Prapot Kenaikan Pangkat anggota TNI dilaksanakan di Makodim 0718/Pati, Sabtu (01/10/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak 30 prajurit TNI dari Kodim 0718/Pati naik pangkat di Hari Kesaktian Pancasila. Upacara Hari Kesaktian Pancasila dan Korps Raport Kenaikan Pangkat digelar di Makodim 0718/Pati, Sabtu (01/10/2016).

Dari 30 anggota TNI yang naik pangkat, satu anggota naik dari Peltu ke Letda, Pelda ke Peltu, Serka ke Serma, Serda ke Sertu, Kopka ke Serda, Koptu ke Kopka, Kopda ke Koptu, empat anggota naik dari Pelda ke Peltu, enam anggota naik dari Sertu ke Serka, dan 12 anggota naik dari Serma ke Pelda.

Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma mengucapkan selamat kepada prajurit TNI AD yang berhasil naik pangkat satu tingkat dari pangkat lama. Kenaikan pangkat tersebut diharapkan bisa semakin memompa semangat anggota TNI sebagai pasukan teritorial untuk bisa melaksanakan tugas dengan baik.

“Tugas kita semakin berat. Jangan lengah dan selalu sigap dalam menjalankan tugas. Kita semua sebagai pasukan teritorial selalu dihadapkan dengan lingkungan. Kita harus bisa manunggal dengan rakyat dan berpedoman pada lima kemampuan teritorial seorang prajurit,” pesan Letkol Inf Andri.

Untuk Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang baru bertugas di desa-desa, Dandim menginstruksikan agar selalu memantau dan menjaga betul tugas pokok. Mereka diminta untuk menjaga nama baik senior yang sudah lama ditugaskan di desa sebagai Babinsa.

Dari 30 anggota TNI yang naik pangkat, 25 anggota di antaranya ditugaskan sebagai Babinsa. Mereka diharapkan bisa mengemban tugas pembinaan teritorial sesuai dengan petunjuk Komandan Koramil. Secara pokok, mereka bertugas mengumpulkan data dari aspek geografi, demografi, sosial, hingga potensi nasional yang mencakup SDA, SDM, sarana dan prasarana, serta infrastruktur di desa binaannya.

Babinsa punya peran penting sebagai “ujung tombak” informasi awal operasi militer nonperang, seperti operasi gabungan atau operasi kemanusiaan TNI AD. Karena itu, mereka diharapkan bisa membaur, manunggal, dan menyatu dengan warga yang hidup di wilayah binaannya.

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →