Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

30 Ribu Nama Dicoret dari Daftar Pemilih Pilkada Jepara



Reporter:    /  @ 19:00:34  /  30 September 2016

    Print       Email

kpu

MuriaNewsCom, Jepara – Puluhan ribu nama warga Kabupaten Jepara dicoret dari daftar pemilih untuk Pilkada Jepara 2017 mendatang. Karena mereka dinilai tidak memenuhi syarat sesuai aturan yang berlaku.

Hal itu seperti yang disampaikan Divisi Pemutakhiran Data Pemilih pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara Anik Sholihatun. Menurutnya, tidak tanggung-tanggung, nama yang dicoret dari daftar pemilih mencapai 30 ribu lebih.

“Sedikitnya ada sekitar   30.813 pemilih yang tidak memenuhi syarat(TMS) yang terdaftar dalam Data Pemilih.   Temuan puluhan ribu pemilih TMS itu merupakan hasil rekapitulasi sementara dari laporan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang sedang melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit ) di lapangan,” kata Anik kepada MuriaNewsCom.

Ia menjelaskan, dicoretnya pemilih tersebut karena berbagai sebab. Salah satunya adalah pemilih ganda yang merupakan jumlah terbesar yakni mencapai 16.082 pemilih, meninggal dunia 4.839 orang, pindah domisili  4.704 orang, di bawah umur  120 orang, sedang dicabut hak pilih 2 orang, pemilih tidak dikenal 2.471 orang, bukan penduduk Kabupaten Jepara 2,507 orang.

“Jumlah temuan itu tentu saja masih sangat mungkin bertambah mengingat proses coklit itu  masih berlangsung  hingga 7 oktober” katanya.

Kepada PPDP, KPU  Jepara mengingatkan untuk tetap bertugas secermat mungkin, mengingat data pemilih ini sangat dinamis. Misalnya pemilih meninggal dunia, pindah domisili dan alih status TNI-Polri.“Proses pencoretan ini penting  agar  daftar pemilih yang TMS ini  tidak  bisa disalah gunakan pihak yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya.

Sebaliknya KPU Jepara juga menekankan bahwa pemilih yang sudah memenuhi syarat namun belum terdaftar dalam daftar pemilih juga harus diakomodasi. Karena sesuai spirit KPU dalam melindungi hak konstitusional masyarakat pemilih.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →