Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Hadrah Az Zahra Donorojo jadi Jawara Festival Hadrah Jepara



   /  @ 15:00:35  /  30 September 2016

    Print       Email
hadrah

Salah satu peserta hadrah tampil di Festival Hadrah Jepara 2016. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Penampilan yang memukau dibalut dengan busana Islami nan menawan, kelompok hadrah Az Zahra Donorojo, mampu mengungguli 25 peserta di Festival Hadrah Jepara 2016. Sehingga, mereka berhasil meraih gelar juara pada festival tersebut.

Di bawah kelompok hadrah Az Zahra, disusul kelompok seni musik Islami rebana  dari SMA 1 Jepara sebagai runner up. Sementara untuk juara ketiga diraih kelompok hadrah Gandrung Rosul dari Ngabul.

Festival tersebut, merupakan kegiatan yang digelar oleh Ikatan Seni Hadrah Indonesia (Ishari ) bekerjasama dengan Pemkab Jepara dan Kemenag Jepara. Acara dilaksanakan dalam rangka semangat menyambut Tahun Baru Hijrah 1438 H.

Kegiatan festival yang baru pertama kali diselenggarakan ini diikuti 25 kelompok hadrah dari berbagai sekolah SMA/MA, Ponpes dan umum se-Kabupaten Jepara, dipusatkan di Pendapa Kabupaten Jepara.

Kabag Kesra Setda Jepara, Lukito Sudi Asmara mengatakan, diharapkan melalui kegiatan ini mampu menggerakkan seni Islami di Jepara. Di sisi lain juga sebagai sarana ukhuwah dan syiar Islamiyah di Kabupaten Jepara.

“Harapannya dengan semarak budaya Islami ini akan dapat menangkal budaya-budaya dari luar yang tidak sesuai dengan adat dan budaya Bangsa Indonesia,” kata Lukito, Jumat (30/9/2016).

Menurutnya, penting kiranya melakukan dan melestarikan tradisi yang Islami dan menjunjung tinggi budaya lokal. Sebab, saat ini budaya lokal maupun Islam tengah dikepung dengan budaya asing yang tidak Islami.

Adapun juara selengkapnya,  Juara I Az Zahra Donorojo, peringkat II SMA Negeri 1 Jepara, dan peringkat III Gandrung Rosul Ngabul. Sementara terbaik Vokal MA Darul Ulum Purwogondo,  Terbaik Aransemen Ponpes Arrosyidiyah Nalumsari dan Grup Favorit MI Masalikil Huda Tahunan.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Taman Bajomulyo Juwana Dikembangkan Jadi Objek Wisata

Selengkapnya →