Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

DPRD Kudus Wacanakan Perda Kretek 



Reporter:    /  @ 15:00:07  /  30 September 2016

    Print       Email
drpd-masan-e

Ketua DPRD Kudus Masan. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Ketua DPRD Kudus Masan mengatakan, keberadaan kretek di Kudus harus dilindungi pemerintah. Hal itu, setidaknya dapat diwujudkan melalui perda yang membahas tentang kretek di Kudus

Hal itu disampaikan kepada MuriaNewsCom, Jumat (30/9/2016). Menurutnya, keberadaan kretek harus dilindungi. Agar kretek tidak akan tergerus dimakan zaman atau tergeser dengan kedatangan model yang baru.

“Apalagi kretek adalah produk asli Indonesia, selain itu juga Kudus juga dikenal sebagai Kota Kretek. Jadi sudah sewajarnya jika mempertahankan ikon tentang Kudus sendiri,” katanya.

Menurutnya, pengusulan perda jelas dari kalangan SKPD. Namun sebagai ketua dewan, dia berharap jika hal itu bisa sampai dibentuk perda. Tujuannya mengayomi tentang usaha kretek khususnya di Kudus.

Dia berharap usaha kretek tidak akan mati di Kudus. Karena, puluhan ribu warga Kudus juga mengantungkan nasib mereka dari pekerjaan sektor kretek. Sehingga, sudah menjadi tugas pemerintah jika harus mengayominya.

“Kami tidak ingin, jika sampai kretek hilang. Dampaknya akan sangat panjang, termasuk identitas Kudus yang kaya akan kretek,” ujarnya

Dia juga berharap sampai kapanpun kretek adalah Kudus. Sehingga diharapkan sampai anak cucu mendatang masih dapat menikmati Kudus Kota Kretek dan industrinya juga masih berjalan.

Sebelumya, perwakilan Djarum Kudus,  Purnomo Nugroho mengatakan, kalau banyak warga wilayah setempat bekerja di pabrik rokok. Dia yakin kalau pemerinntah bakal membantu menangani persoalan kretek yang terjadi.

Jumlah karyawan Sigaret Kretek Tangan (SKT) sekitar 55 ribu karyawan. Dalam produksi sehari, rata – rata mampu memproduksi sekitar 200 ribu batang rokok. Sistem yang digunakan, adalah sistem borong.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →