Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

3.500 Orang Bersihkan Kali Gelis Kudus Sepanjang 8 Kilometer



Reporter:    /  @ 10:19:36  /  30 September 2016

    Print       Email
Foto, 1, Sejumlah pelajar dan TNI serta kalangan masyarakatn lainnya membersihan sungai Gelis, Kudus, Jumat (30/9/2016). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Foto, 1, Sejumlah pelajar dan TNI serta kalangan masyarakatn lainnya membersihan sungai Gelis, Kudus, Jumat (30/9/2016). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Sekitar 3.500 orang, turun ke kali Gelis Kudus untuk membersihkannya, Jumat (30/9/2016). Ribuan orang tersebut, membersihkan sungai besar di Kudus sejauh 8 kilometer.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Cipkataru) Kudus Sumiyatun mengatakan, bersih-bersih dilakukan mulai bawah Jembatan Panjang, Bae dan menyusuri sungai hingga jembatan Kencing, Jati Wetan, Jati. Total panjangnya mencapai delapan kilometer.

“Kita khususkan pada daerah-daerah sekitar jembatan. Seperti jembatan sungai Gelis, jembatan Ploso dan jembatan Kencing. Sebab, pada sekitar jembatan lebih banyak tumpukan sampah,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Pembersihan sungai sendiri dimulai sekitar puku 06.30 WIB hingga 09.00 WIB. Kegiatan itu, dilakukan guna membersihkan sungai, dan melancarkan aliran sungai memasuki musim hujan tahun ini.

Sedangfkan 3.500 yang membersihkan sungai berasal dari beberapa kalangan. Seperti pelajar,  SKPD, pemerintahan, pelajar, TNI Kodim Kudus serta beberapa kalangan masyarakat dan juga perusahaan. Bahkan tampak Kepala Kejaksaan Negeri Kudus dan  Ketua DPRD Kudus terlibat.

Dalam membersihkan sungai dari tumpukan sampah dan lumpur, juga dikerahkan alat berat untuk mempermudah pengerjaan. Selain itu, kendaraan sampah juga digunakan guna mengangkut sampah yang ada di bantaran sungai.

Sementara Komandan Kodim (Dandim) 0722 Kudus Letkol (CZi) Gunawan Yudha Kusuma. mengatakan kalau tentara yang ikut andil dalam kegiatan itu sejumlah 300 anggota. Jumlah tersebut dibagi dalam beberapa titik, yang tersebar di bantaran sungai Gelis. “Ini sebuah aksi, bukan hanya seremonial saja namun  langsung menjalankan.,” ujarnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →