Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Budi Daya Ikan Bandeng Berhasil Dilakukan di Jepara



   /  @ 23:45:49  /  29 September 2016

    Print       Email
Bupati Jepara Ahmad Marzuqi bersama instansi terkait melakukan penebarean benih di tambak ikan Desa Clering. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi bersama instansi terkait melakukan penebarean benih di tambak ikan Desa Clering. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Kelompok Tani Tambak  “Marsudi Boga II” Desa Clering, Kecamatan Donorojo, Jepara berhasil mengembangkan budi daya ikan bandeng. Beberapa kali melakukan panen, dan saat ini kembali melakukan penebaran benih ikan di tambak, Kamis (29/9/2016).

Camat Donorojo, Nuryanto mengatakan, kelompok tani itu memiliki lahan seluas 7 hektare (Ha). Secara keseluruhan luas tambak di wilayah Donorojo 30,5 Ha.  Dari jumlah itu, 17,5 Ha adalah tambak bandeng. Khusus di Kelompok Marsudi Boga II hasilnya tercatat 1,5 – 2 ton tiap Ha.

“Jika harga per kg saat ini sekitar  Rp 20 ribu, dalam waktu 4 bulan, mulai masa tebar bibit hingga panen petani mampu menghasilkan kotor Rp 40 juta. Selanjutnya dikurangi biaya persiapan lahan, bibit dan pakan sekitar Rp 20 sampai Rp 25 juta. Maka total penghasilan mencapai Rp 15 juta sampai 20 juta,” kata Nuryanto.

Menurutnya, keberhasilan kelompok Marsudi Boga Desa Clering, ini dapat menjadi contoh, motivasi, kegairahan dan kemandirian. Terutama kepada para nelayan, pembudidaya, petani maupun pelaku agrobisnis.

Sementara itu, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengatakan, khusus dalam peningkatan produktivitas dan kualitas produk kelautan dan perikanan sektor budi daya, Pemkab Jepara melalui Dislutkan telah melaksanakan beberapa langkah startegis. Salah satunya menetapkan kawasan minapolitan yang meliputi Kecamatan Jepara, Kedung, Tahunan dan Mlonggo.

Hal ini juga akan dilakukan di Kecamatan Donorojo. Mengingat wilayah ini memilki potensi perikanan budi daya yang sangat melimpah. Dengan luasan potensi budi daya mencapi 103,3 Ha. Sementara total area tambak di Kabupaten Jepara sendiri mencapai 1.065 Ha. Yang tersebar mulai di Kecamatan Kedung, Tahunan, Jepara, Mlonggo, Karimunjawa dan Donorojo.

“Nilai perikanan budi daya air payau, baik  udang maupun bandeng ini sangat besar. Khusus untuk perikanan budi daya bandeng kita berhasil memproduksi 1.975.465 ton dengan nilai Rp. 39,06 M,” katanya.

Pihaknya optimistis, perikanan  ini akan berhasil dan tumbuh pesat manakala dikelola dengan ketulusan dan kesungguhan hati. Selanjutnya jika potensi ini dapat dikelola secara berkesinambungan, tentunya akan memperluas potensi perikanan, kesempatan berusaha yang akhirnya membawa banyak perubahan bagi kesejahteraan masyarakat.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →