Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Solusi Pemkab Kudus Atasi Genangan Air di Jalan



Reporter:    /  @ 21:52:11  /  29 September 2016

    Print       Email
genangan

Pengguna jalan hendak melintasi genangan air di salah satu ruas di Kabupaten Kudus, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Pemkab Kudus akan menambah pembangunan jalan masuk air alias inlet . Gunanya untuk mengurangi genangan air yang menggenangi permukaan jalan.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Cipkataru) Kudus Sumiyatun mengatakan, dalam waktu dekat ini akan dibangun inlet. Nantinya pembangunan itu akan dilakukan di sisi kanan dan kiri jalan.

“Kami sudah siapkan Rp 190 juta untuk penambahan ratusan inlet. Kami utamakan di lingkup perkotaan dulu, lantaran banyak genangan di daerah perkotaan saat hujan,” katanya kepada MuriaNewsCom, Kamis (29/9/2016).

Menurutnya, inlet yang bakal dibuat nanti, berukuran 30 centimeter. Lokasi pemasangan berada di tanah tepi trotoar, sehingga mempermudah air masuk ke saluran dengan jumlah yang lebih banyak. Sementara, jarak antara satu inlet dengan lainnya, berjarak sekitar lima meter.

Beberapa titik yang dipasang, di antaranya jalan Jenderal Sudirman 22 inlet, jalan A Yani 32 unit, di jalan Loekmono Hadi 30 unit dan jalan Ramelan 31 unit. Serta daerah lain yang dianggap perlu segera ditangani.

Untuk inlet yang sudah terpasang kini, juga mencapai ratusan. Namun jumlah itu masih dianggap kurang dengan bukti banyaknya genangan air yang masih terjadi di perkotaan. Meski tidak dalam waktu yang lama, namun dengan inlet yang ditambah nanti, bakal memperbanyak dan mempercepat air yang masuk.

“Kami juga akan melakukan normalisasi gorong-gorong. Sebab saya datang langsung saat hujan, ada banyak sampah yang menghambat saluran di dalamnya. Jadi butuh dibersihkan,” ujarnya.

Sementara untuk daerah Prambatan, kata dia ada yang kurang pas untuk perencanaannya. Air di lokasi itu seharusnya dialirkan ke sisi barat dan timur menuju sungai.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →