Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Ini Informasi Terkini Kondisi Jemaah Haji Grobogan di Tanah Suci



Reporter:    /  @ 21:26:31  /  29 September 2016

    Print       Email
Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kisbiyanto (paling kanan) bersama para jemaah haji sedang bersiap untuk berziarah di kota Makkah. (Istimewa)

Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kisbiyanto (paling kanan) bersama para jemaah haji sedang bersiap untuk berziarah di kota Makkah. (Istimewa)

MuriaNewsCom,Grobogan – Posisi sebagian jemaah haji Grobogan saat ini sudah berpindah tempat. Khususnya, jemaah haji yang tergabung dalam kloter 46. Mereka sudah meninggalkan kota Makkah menuju Madinah, beberapa hari lalu.

“Benar Mas. Jemaah haji Grobogan kloter 46 sudah bergeser ke Madinah sejak Senin (27/09/2016) kemarin,” kata Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kisbiyanto, saat dihubungi lewat pesan singkat, Kamis (29/09/2016).

Menurut Kisbi, untuk jemaah haji Grobogan kloter 72 dan 73 baru akan meninggalkan Makkah menuju Madinah pada 5 Oktober 2016 mendatang. Hal itu terjadi lantaran waktu keberangkatan jemaah haji tidak bersamaan. Rombongan kloter 46 berangkat sepekan lebih awal dari jemaah kloter 72 dan 73.

Disinggung kondisi para jemaah, Kisbi menyatakan, semuanya dalam keadaan sehat wal afiat. Saat ini, para jemaah masih memaksimalkan ibadah selama berada di Makkah. Seperti, melakukan umroh sunnah, salat maktubah 5 waktu, i’tikaf, tawaf sunnah, dan membaca Alquran.

Selain beribadah, jemaah juga memanfaatkan waktu untuk berziarah ke tempat-tempat bersejarah di kota Makkah. Seperti, di Jabal Tsur yang di situ ada gua tempat Nabi Muhammad bersembunyi dari kejaran kaum Quraish.

Tempat lainnya, adalah Jabal Nur yang ada Gua Hira, tempat Nabi Muhammad menerima wahyu pertama kali. Selain itu, Jabal Rahmah di Padang Arafah yang jadi tempat bertemunya kembali Nabi Adam dan Ibu Hawa setelah turun dari surga juga dikunjungi para jemaah.

“Lokasi lain yang dikunjungi jemaah adalah rumah tempat Nabi Muhammad dilahirkan. Letaknya, di sebelah timur Masjidil Haram dekat tempat sa’i. Rumah tersebut masih terawat dengan baik tetapi sekarang dialihfungsikan sebagai maktabah atau perpustakaan,” jelas Dosen STAIN Kudus yang jadi pendamping jemaah haji Grobogan kloter 73 itu.

Disinggung lokasi pemondokan, Kisbi menyatakan, maktab jemaah ada di Mahbas Jin. Lokasi pemondokan ini jaraknya sekitar 2,5 km dengan Masjidi Haram.“Kalau mau ke masjid, jemaah tinggal naik Bus Salawat yang sudah disediakan di sana. Jumlah bus ini banyak dan gratis,” imbuh Kisbi.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →