Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Menteri Agama Dukung Pengembangan Pesantren di Pati



Reporter:    /  @ 17:22:39  /  29 September 2016

    Print       Email
Pengasuh Ma'had Aly Maslakul Huda Abdul Gofar Rozin (kiri) memberikan kenang-kenangan kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, usai peresmian Ma'had Aly, Kamis (29/09/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Pengasuh Ma’had Aly Maslakul Huda Abdul Gofar Rozin (kiri) memberikan kenang-kenangan kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, usai peresmian Ma’had Aly, Kamis (29/09/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengaku akan selalu memberikan dukungan sepenuhnya terhadap upaya pengembangan pondok pesantren di Kabupaten Pati. Hal itu dikatakan Lukman, usai meresmikan Ma’had Aly Maslakul Huda, Kajen, Margoyoso, Pati, Kamis (29/092016).

Dia mengatakan, agama harus membumi dan menjawab tantangan kebutuhan zaman. Ma’had Aly yang menjadi program pemerintah menjadi upaya untuk mengakomodasi tradisi pesantren dalam memperdalam ilmu-ilmu keislaman supaya bisa terjaga dengan baik.

Di Indonesia, hanya ada 13 Ma’had Aly. Salah satunya, Ma’had Aly Maslakul Huda Pati. Kehadiran Ma’had Aly diharapkan bisa menjawab tantangan kebutuhan ke depan yang semakin kompleks, sekaligus mencetak ulama-ulama terbaik masa depan.

“Dari 13 Ma’had Aly, masing-masing hanya memiliki satu program studi. Itu tujuannya supaya fokus dan benar-benar menjadi rujukan studi Islam. Di Ma’had Aly Maslakul Huda, program studinya fiqh dan ushul fiqh. 12 Ma’had Aly lainnya di Indonesia, ada yang membuka program studi Alquran, Hadis, Tasawuf, dan lain sebagainya,” kata Lukman.

Di lembaga perguruan tinggi, dia membaginya menjadi tiga, yaitu ilmu umum murni, ilmu keislaman murni, dan ilmu yang mengoneksikan ilmu Islam dan umum. Ma’had Aly akan konsentrasi pada program studi ilmu keislaman murni dan lembaga paling otoritatif di bidang pengembangan ilmu Islam murni.

Pengasuh Ma’had Aly Maslakul Huda Abdul Gofar Rozin menuturkan, Ma’had Aly akan menjadi pioner untuk mewujudkan Islam yang rahmatan lil alami, agama yang memberikan rahmat kepada alam semesta. Dari Ma’had Aly, kata Gus Rozin, ulama-ulama masa depan akan diproduksi untuk menjawab tantangan kebutuhan zaman.

Usai seminar dan peresmian Ma’had Aly Maslakul Huda, Menag dan rombongan menggelar rangkaian ziarah di Makam KH Sahal Mahfudh dan Makam Syekh Ahmad Mutamakkin. Setelah dari Pati, Menag juga akan meresmikan Ma’had Aly PP Iqna Ath-Thalibin, Pesantren Al Anwar Sarang, Rembang.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →