Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Pengumuman Hasil Tes Kesehatan Bakal Paslon Bupati Jepara Diundur



Reporter:    /  @ 15:30:09  /  29 September 2016

    Print       Email
Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri saat memberikan konferensi pers soal jadwal pengumuman hasil tes kesehatan bakal pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri saat memberikan konferensi pers soal jadwal pengumuman hasil tes kesehatan bakal pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara –  Jadwal pengumuman hasil tes kesehatan bakal pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Jepara diundur. Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menjadwalkan pengumuman dilakukan pada Jumat (30/9/2016), namun diundur pada Sabtu (1/10/2016).

Hal itu seperti yang disampaikan Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri didampingi empat komisioner KPU Jepara lainnya, saat konferensi pers di kantor KPU Jepara, Kamis (29/9/2016).

Menurut Haidar, setelah menerima pendaftaran dua bakal paslon, KPU Jepara melanjutkan dengan tahapan pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan pemeriksaan bebas penyalahgunaan narkotika. Hasil pemeriksaan sudah disampaikan oleh tim pemeriksa kesehatan dari RSUD RA Kartini ke KPU Jepara pada Rabu, (28/9/2016).

“Hasil pemeriksaan kesehatan akan diumumkan bersama dengan pengumuman penelitian syarat calon dan syarat pencalonan. Pengumuman akan kami laksanakan pada Sabtu (1/10/2016),” ujar Haidar.

Menurutnya, pemilihan tanggal 1 Oktober 2016 untuk mengumumkan hasil tes kesehatan dan hasil penelitian syarat calon karena untuk memberi kesempatan bagi bakal paslon agar dapat memanfaatkan kesempatan waktu tiga hari dalam penyerahan perbaikan. Dengan tanggal tersebut yang kebetulan hari Sabtu, maka bakal paslon masih memiliki kesempatan untuk melakukan perbaikan sampai Selasa (4/10/2016).

“Jika kami laksanakan pengumuman pada Jumat, maka bakal paslon hanya memiliki waktu produktif di hari Senin saja. Sebab, Sabtu dan Minggu instansi di Jepara libur. Itu mengantisipasi jika ada perbaikan yang menyangkut instansi tertentu,” terang Haidar.

Ia mengemukakan, KPU Jepara juga telah melaksanakan tahapan penelitian syarat calon. Sebagaimana diatur di dalam PKPU RI Nomo 7 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan KPU RI Nomor 3 Tahun 2016 tentang Tahapan, Progam dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2017, tahapan penelitian syarat calon ini mulai tanggal 23 sampai 29 September 2016.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →