MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ada Anak Usia 14 Tahun di Jepara Kebelet Nikah

62

nikah-dini-e

MuriaNewsCom, Jepara – Kondisi yang memprihatinkan terjadi di Kabupaten Jepara. Angka anak di bawah umur yang minta dispensasi untuk nikah cukup tinggi. Parahnya, ada anak yang berusia kurang dari 14 tahun yang sudah minta dispensasi nikah tersbut.

Hal itu seperti yang dikatakan Ketua Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Jepara, Abdul Malik. Menurutnya, sejak Januari hingga September ini sudah ada sekitar 90 permohonan dispensasi nikah yang diterima.

“Permohonan dispensasi nikah di Jepara memang cukup tinggi. Yang cukup memprihatinkan, usia mereka masih sangat remaja, bahkan ada yang di bawah 14 tahun,” kata Malik kepada MuriaNewsCom, Kamis (29/9/2016).

Menurutnya, hampir semua permohonan dispensasi nikah dikabulkan oleh hakim pengadilan agama. Sebab, semua permohonan itu dilatar belakangi oleh kasus hubungan gelap.

“Kami tidak mempersulit proses memberikan dispensasi itu karena demi kesadaran hukum bagi masyarakat. Sebab diyakini masih banyak kasus seperti itu yang tanpa melalui proses hukum di pengadilan,” terangnya.

Ia menambahkan, angka permohonhan dispensasi nikah di bawah umur tersebut paling banyak berasal dari wilayah Jepara utara. Meski begitu, ada beberapa kasus yang berasal dari wilayah Jepara selatan bahkan tengah.

Editor : Akrom Hazami

United Futsal Pc

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.