Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Menteri Agama Resmikan Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda Pati



Reporter:    /  @ 11:07:36  /  29 September 2016

    Print       Email
Menteri Agama RI Lukman Arifin Saifuddin saat meresmikan Ma'had Aly Pesantren Maslakul Huda, Kajen, Margoyoso, Pati, Kamis (29/09/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Menteri Agama RI Lukman Arifin Saifuddin saat meresmikan Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda, Kajen, Margoyoso, Pati, Kamis (29/09/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin mengunjungi Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda fi Ushul al Fiqh di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Pati, Kamis (29/09/2016).

Kedatangan Menag untuk menjadi keynote speaker dalam seminar bertajuk “Dari Pesantren untuk Negeri: Peran Pesantren dalam Mempersiapkan Mutafaqqih fi ad-Din melalui Ma’had Aly sebagai Basis Pengembangan Mental Bangsa.” Selain itu, Menag meresmikan Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda sebagai perguruan tinggi yang konsen di bidang keislaman, terutama fiqh dan ushul fiqh.

“Ma’had Aly sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam punya peran strategi untuk memajukan pendidikan Islam berbasis pesantren di Indonesia. Ma’had Aly tidak hanya untuk kepentingan pesantren saja, tetapi juga dunia Islam dan bangsa Indonesia,” ujar Lukman Hakim.

Dia menambahkan, Ma’had Aly tercantum dalam undang-undang sebagai pendidikan tinggi. Karena itu, Ma’had Aly memiliki legalitas yang kuat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan sistem pendidikan nasional, setara dengan STAIN, IAIN, UIN, dan lembaga pendidikan tinggi lainnya.

Namun, Ma’had Aly konsen pada kajian keislaman murni, terutama fiqh dan ushul fiqh. “Ma’had Aly akan menciptakan lulusan yang ahli dalam bidang agama Islam berbasis kitab kuning, wujud pelembagaan atas tradisi pesantren tingkat tinggi,” imbuh Lukman.

Sementara itu, Pengasuh Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda, Abdul Gofar Rozin menuturkan, Ma’had Aly nantinya akan menciptakan ulama-ulama masa depan yang bisa menjawab tantangan zaman. Dia memastikan bila kehadiran Ma’had Aly akan selalu konsen pada kajian keislaman murni dan tidak akan tergerus pada arus untuk menjadi STAIN, IAIN atau UIN.

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →