Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini
Info DPRD Kudus

Komisi D Bakal Bangkitkan Semangat Berpolitik Anak Muda Kudus



Reporter:    /  @ 08:00:55  /  29 September 2016

    Print       Email
Anggota Komisi D DPRD Kudus melaksanakan konsultasi ke Kemenpora RI, untuk mengetahui program-program yang memang pas dan cocok diterapkan kepada para pemuda. (Istimewa)

Anggota Komisi D DPRD Kudus melaksanakan konsultasi ke Kemenpora RI, untuk mengetahui program-program yang memang pas dan cocok diterapkan kepada para pemuda. (Istimewa)

MuriaNewsCom, Kudus – Peran pemuda memang sangat diharapkan untuk bisa menjadi agen perubahan dan pembangunan di masa mendatang. Dan Komisi D DPRD Kudus melihat jika banyak program sebenarnya yang bisa dilakukan untuk mendorong semangat pemuda agar lebih berkarya.

Program-program yang bisa dilaksanakan terkait pengembangan peran pemuda itu, selaras dengan apa yang dicita-citakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia.

”Belum lama ini kami memang melaksanakan konsultasi ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Fokusnya adalah pengembangan peran pemuda, terutama di masa mendatangnya,” kata Ketua Komisi D DPRD Kudus Mukhasiron.

Dikatakan Mukhasiron, konsultasi ini penting untuk menyeleraskan apa yang menjadi cita-cita atau tujuan dari pemerintah, dalam upaya membangun peran pemuda. ”Sehingga nantinya akan lebih match atau pas antara yang di pusat dan daerah,” jelasnya.

Hanya saja, Mukhasiron menilai jika Dinas Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus belum memiliki atau membuat program-program dalam upaya pengembangan peran pemuda ini.

Mukhasiron mencontohkan, Kemenpora memiliki program parlemen muda, yang memang ditujukan untuk membangkitkan semangat berpolitik di kalangan anak muda.

Melalui program itu, para pemuda diberi pemahaman peran legislatif, seperti
penganggaran, legislasi, dan pengawasan. ”Sehingga nantinya jika para pemuda itu terjun ke politik, mereka akan memahami semua peran-peran yang ada. Dan itu sudah ditanamkan sejak mereka muda melalui program parlemen muda ini,” tegasnya.

Dan lagi, sebagaimana dikatakan Mukhasiron, program pemuda parlemen ini hanya salah satu contoh saja yang dikembangkan pemerintah pusat. Nah, pihaknya menginginkan supaya pemerintah daerah, mengadakan kegiatan yang melibatkan pemuda-pemuda di wilayah ini.

”Itu hanya contohnya saja. Masih banyak progam lainnya yang bias dilaksanakan. Kami akan mendorong Disdikpora untuk menyusun perencanaan pelibatan peran pemuda dalam pembangunan daerah,” katanya.  (News Ads)

Editor: Merie

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Produktivitas Pertanian di Pati Selatan Terganjal Lahan Tidur

Selengkapnya →