MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mabes TNI Dorong Usaha Kretek Kudus Tetap Hidup

46
Deputi Bidang Sistem Nasional Mabes TNI Mayjen TNI Aris Martono meninjau brak Djarum di Desa Karangbener, Bae, Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)
Deputi Bidang Sistem Nasional Mabes TNI Mayjen TNI Aris Martono meninjau brak Djarum di Desa Karangbener, Bae, Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Deputi Bidang Sistem Nasional Mabes TNI Mayjen TNI Aris Martono, mengatakan kalau usaha kretek asli Indonesia harus tetap dipertahankan.

Hal itu disampaikannya saat kunjungan ke salah satu brak Djarum, Desa Karangbener, Bae, Kudus, Rabu (28/9/2016). Pihaknya mendorong usaha lokal tetap dipertahankan.

“Kami datangi secara langsung penggerak ekonomi di pabrik. Kami juga  langsung berinteraksi dengan para buruh dengan melihat langsung keadaanya,” kata Aris kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, kabar kenaikan harga rokok beberapa waktu yang lalu, juga menjadi pertimbangan rombongan datang ke Kudus. Dia tidak menginginkan penopang ekonomi masyarakat sampai oleng dengan adanya hal tersebut.

Oleh sebab itu, dilakukanlah kunjungan secara langsung untuk mengetahui bagaimana kondisi di lapangan. Pihaknya juga mengamati keberlangsungan industri jenis kretek yang menggunakan tangan.

Hingga kini, TNI belum menemukan kendala yang berarti bagi masyarakat khususnya para pekerja. Dia menambahkan, akan membuat kajian dengan pemerintahan pusat setelah mengunjungi beberapa industri. Kajian tersebut mengarah pada perusahaan yang banyak digantungkan sebagai mata pencaharian oleh warga setempat.

“Kalau masalahnya itu banyak menggunakan tembakau dari luar negeri karena mengandung tar dan nikotin rendah. Sedangkan milik dalam negeri memiliki kandungan yang tinggi. Itulah tugas penelitian yang seharusnya dapat dikembangkan,” jelasnya.

Selain berkunjung ke  perusahaan rokok, rombongan juga berkunjung ke pabrik jamu Sido muncul serta pabrik elektronik Polytron.

Editor : Akrom Hazami

United Futsal Pc

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.