Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Murid TK di Jepara Belajar Bikin Keramik



Reporter:    /  @ 17:12:32  /  26 September 2016

    Print       Email
siswa

Murid TK belajar mengolah tanah menjadi kerajinan keramik di SMKN Jepara, Senin. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Anak usia dini sangat efektif untuk diberikan stimulus berupa pengenalan dengan berbagai hal. Salah satunya dikenalkan dengan lingkungan sekitar. Itu seperti yang dilakukan di TK Baitul Makmur Jepara. Puluhan murid melakukan belajar di luar luar dengan melihat kerajinan keramik di SMK N 2 Jepara.

Rombongan dari TK tersebut tiba di SMK N 2 Jepara, Senin (26/9/2016) sekitar pukul 08.00 WIB. Dengan dipandu guru, 96 murid peserta Outing Class diperlihatkan berbagai macam benda kerajinan keramik. Tidak hanya itu, mereka diajak ke bengkel keramik untuk membuat secara langsung kerajinan berbahan dasar tanah liat tersebut.

Antusias murid terlihat. Mereka dengan gembira membuat berbagai macam benda yang mereka sukai. Meski harus kotor dengan tanah liat, hal ini tentunya memberikan pengalaman yang berharga bagi mereka. Hal ini sebagaimana diperlihatkan Dahayu Gantari (4) tahun.

Dari awal hingga akhir di bengkel keramik, ia enggan untuk bergeser dari tempat duduknya sebelum menyelesaikan tugasnya tersebut. Saat itu, ia membuat bulatan tanah yang disusun mirip dengan sebuah boneka. “Seneng bisa buat boneka dari tanah” kata Dahayu.

Selain Dahayu, murid lain juga membuat berbagai macam kerajinan keramik seperti piring, mangkok, cangkir, hingga cobek kecil. Hasil karya siswa ini, nantinya akan diproses menjadi sebuah keramik yang cantik. Setelah diwarnai, benda tersebut bisa dibawa pulang masing-masing murid.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Baitul Makmur Sri Hartutik mengatakan, kegiatan Outing class tersebut merupakan  media efektif dalam menyampaikan ilmu pengetahuan. Tujuannya untuk mendekatkan siswa dengan lingkungan dengan melihat realita sesungguhnya.

“Ini kegiatan yang sudah kami sesuaikan dengan tema pengetahuan yang kami berikan kepada para siswa. Diharapkan dengan melihat kerajinan keramik ini bisa menumbuhkan kecintaan dengan produk kerajinan yang ada di lingkungan sekitar,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →