Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Ini Kiat SMAN 1 Purwodadi Biar Siswa Tambah Disiplin dan Cinta NKRI



Reporter:    /  @ 10:30:51  /  26 September 2016

    Print       Email
Dandim 0717/Purwodadi Letkol Jan Piter Gurning dan juga anggota TNI lainnya bersalaman dengan siswa (kiri) usai upacara pelepasan peserta pelatihan pembinaan karakter dan bela Negara di SMAN 1 Purwodadi, Senin (26/09/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Dandim 0717/Purwodadi Letkol Jan Piter Gurning dan juga anggota TNI lainnya bersalaman dengan siswa (kiri) usai upacara pelepasan peserta pelatihan pembinaan karakter dan bela Negara di SMAN 1 Purwodadi, Senin (26/09/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Dalam rangka menumbuhkan kecintaan pada NKRI, ratusan siswa SMAN 1 Purwodadi kelas X akan digembleng secara khusus. Mereka akan mendapat pelatihan pembinaan karakter dan bela negara yang dilangsungkan di Rindam IV Diponegoro Magelang.“Pelatihan ini akan dilangsungkan selama tiga hari. Yakni, mulai hari ini sampai Rabu lusa,” kata Kepala SMAN 1 Purwodadi Amin Hidayat, usai upacara pelepasan peserta pelatihan, Senin (26/09/2016).

Upacara pelepasan peserta pelatihan yang dimulai pukul 07.15 WIB itu dihadiri Dandim 0717/Purwodadi Letkol Jan Piter Gurning yang juga bertindak selaku inspektur upacara. Hadir pula mendampingi dandim, para perwira di lingkup Kodim 0717/Purwodadi serta sejumlah guru SMAN 1 Purwodadi.

Menurut Amin, peserta pelatihan itu seluruhnya adalah siswa kelas X. Jumlahnya ada 459 orang. Selain itu, ada 10 orang guru wali kelas dan lima tim kesiswaan yang ikut mendampingi selama kegiatan berlangsung.

“Pelatihan pembinaan karakter dan bela negara yang dilangsungkan di Rindam IV Diponegoro ini sudah dua kali kita lakukan.  Harapan kami, melalui kegiatan ini nanti bisa berdampak positif buat para siswa. Yakni, mereka bisa makin disiplin dan cinta NKRI,” imbuh Amin.

Sementara itu, Dandim 0717/Purwodadi Letkol Jan Piter Gurning mengaku salut dengan langkah yang dilakukan SMAN 1 Purwodadi dalam rangka meningkatkan karakter siswa dan menumbuhkan kecintaan pada NKRI.

“Apa yang dilakukan pihak sekolah ini sangat positif karena banyak generasi muda yang belum memahami hakekat bela negara. Kita harapkan, kegiatan ini bisa jadi contoh bagi sekolah lain,” jelasnya.

Menurut Gurning, pelatihan pembinaan karakter dan bela negara pada generasi muda dinilai tepat dilakukan. Soalnya, generasi muda ini nantinya akan jadi pemegang tongkat estafet selanjutnya.

Oleh sebab itu, sebelum menerima tugas tersebut, generasi muda itu perlu dipersiapkan secara serius. Hal ini perlu dilakukan karena tantangan yang dihadapi ke depan semakin berat dan beragam. Untuk itulah para generasi penerus ini harus punya jiwa kesatria, pantang menyerah, ulet, dan disiplin.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →