Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ini Manfaat Sabun Susu Kambing Etawa yang Perlu Kamu Ketahui



Reporter:    /  @ 09:30:24  /  25 September 2016

    Print       Email
Nurul Azizah Khoiriyah memperlihatkan cara mencetak sabun mandi dari bahan dasar susu Kambing Etawa di rumahnya (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono).

Nurul Azizah Khoiriyah memperlihatkan cara mencetak sabun mandi dari bahan dasar susu Kambing Etawa di rumahnya (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono).

MuriaNewsCom, Rembang – Setiap wanita pastinya mengidamkan untuk memiliki kulit yang mulus, indah, dan putih bercahaya. Berbagai macam carapun dilakukan oleh wanita demi mendapatkan kulit yang diimpikan. Menggunakan kosmetik yang berbahan herbal dan alami, saat ini merupakan salah satu dari sekian banyak caya yang paling banyak digunakan.Selain aman untuk kulit juga sangat menyehatkan.

Cara alami tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan sabun susu Kambing Etawa, yang kandungan dalam susu Kambing Etawa dapat membantu mengahaluskan serta membuat kulit nampak putih bercahaya.

Menyadari besarnya manfaat susu kambing untuk kecantikan kulit tersebut, kemudian menggerakkan Nurul Azizah Khoiriyah (29), warga Desa Kemadu RT 3 RW 7 Kecamatan Sulang, Rembang, untuk memproduksi sabun berbahan dasar susu Kambing Etawa.

“Kebetulan suami saya kini budidaya Kambing Etawa. Selain memproduksi susu cair, kami juga mencoba memanfaatkan susu kambing tersebut untuk diproduksi dalam bentuk lain. Di antaranya ya sabun ini,” ujar Azizah kepada MuriaNewsCom.

Alumni Universitas Diponegoro (UNDIP) jurusan Kesehatan Masyarakat ini mengaku memiliki ide untuk membuat sabun berbahan dasar susu Kambing Etawa, tak lepas dari mata kuliah yang pernah dipelajarinya dulu.

“Saat melihat susu yang akan kedaluarsa,saya berpikiran untuk dijadikan produk yang bermanfaat atau diolah lagi. Yakni dijadikan sabun mandi. Produksi sabun ini sudah kami lakoni sejak tahun 2011 lalu. Ssusu Kambing Etawa ini juga sangat bermanfaat untuk kulit karena kaya akan kandungan mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk kulit,” katanya.

Untuk produksi sabun, katanya, dia bisa memproduksi sekitar seribu buah per bulannya. Sedangkan untuk pemasarannya, kini tidak hanya sekadar di Rembang saja, namun sudha merambah di luar daerah. Di antaranya Pati, Blora dan Kudus.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →