Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Kepala UPTD Dinas Pertanian TPH Grobogan Dilatih Menanam Tanaman Hidroponik



Reporter:    /  @ 21:18:50  /  23 September 2016

    Print       Email
Para kepala UPTD Dinas Pertanian TPH Grobogan sedang mengikuti pelatihan bercocok tanam menggunakan sistem tanam hidroponik, Jumat (23/09/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Para kepala UPTD Dinas Pertanian TPH Grobogan sedang mengikuti pelatihan bercocok tanam menggunakan sistem tanam hidroponik, Jumat (23/09/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Para Kepala UPTD Dinas Pertanian TPH Grobogan mendapat pelatihan bercocok tanam menggunakan sistem tanam hidroponik. Pelatihan itu diberikan oleh petugas dari Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang.

Kepala Dinas Pertanian TPH Grobogan Edhie Sudaryanto menyatakan, pelatihan itu diberikan agar para kepala UPTD di tingkat kecamatan mendapat pengetahuan cara bertanam dengan sistem hidroponik. Yakni, cara budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Dijelaskan, setelah bisa menerapkan pola bertanam, para kepala UPTD nantinya diminta menularkan ilmu yang didapat pada kelompok tani wilayah kerjanya dan masyarakat sekitar. Dengan demikian, mereka yang selama ini terkendala dalam masalah lahan tetap bisa melakukan aktivitas bertanam dengan sistem hidroponik.

Soalnya, cara ini tidak membutuhkan lahan yang luas. Kemudian, tempatnya juga tidak harus dari pipa PVC. Tetapi bisa memanfaatkan bambu atau barang bekas lain yang ada dirumah.

“Kebanyakan sistem, hidroponik ini digunakan untuk menanam komoditas sayuran. Dengan menanam melalui cara ini, nantinya kebutuhan sayuran sehari-hari bisa panen sendiri, tidak perlu beli. Untuk menanam dengan cara hidroponik ini gampang dan murah serta bisa memanfaatkan teras rumah yang tidak terlalu luas,” jelas Edhie didampingi Kabid Hortikultura Imam Sudigdo.

Beberapa waktu sebelumnya, lanjut Edhie, pihaknya sudah menyiapkan demplot atau percontohan. Total demplot hidroponik ada 40 unit yang tempat pembuatannya dari pipa PVC. Demplot itu distribusikan pada kelompok tani dan kantor kecamatan.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →