MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polisi dan TNI Siap Amankan Pelaksanaan Pilkades Serentak di Rembang

140
Dandim 0720/Rembang Letkol Infantri Darmawan Setiady (kiri) dan Kapolres Rembang AKBP Sugiarto saat menghadiri acara sarasehan di Pendapa Museum Kartini Rembang, Kamis (22/09/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Dandim 0720/Rembang Letkol Infantri Darmawan Setiady (kiri) dan Kapolres Rembang AKBP Sugiarto saat menghadiri acara sarasehan di Pendapa Museum Kartini Rembang, Kamis (22/09/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Dandim 0720/Rembang Letkol Infantri Darmawan Setiady menegaskan jika TNI siap untuk mengawal dan mengamankan pelaksanaan pilkades serentak di 43 desa di Rembang, yang bakal digelar pada November mendatang.

“Pelaksanaan demokrasi di tingkat desa ini rawan terjadi konflik. Maka dari itu, kami siap untuk memback up polisi dalam mengamankan pelaksanaan pilkades ini. Apalagi jumlah personel kepolisian juga terbatas,” ungkapnya.

Menurutnya, kerawanan terjadinya konflik tersebut sering terjadi karena rendahnya keikhlasan dan pemahaman para calon kepala desa. Terlebih jika ada hal yang dirasa tidak sesuai atau ada kecurangan saat penghitungan suara atau yang lainnya.

“Kita akan melaksanakan gelar kekuatan di masing-masing koramil . Sehingga kita sebagai aparat bisa menunjukkan kesiapan TNI-Polri siap untuk mengawal pilkades serentak ini,” paparnya.

Sementara itu, Kapolres Rembang AKBP Sugiarto mengutarakan, pilkades merupakan proses pemilihan demokrasi yang nyata dan memiliki hubungan emosional yang sangat dekat masyarakat.”Sehingga dalam pesta demokrasi itu bisa membawa potensi konflik yang lebih tinggi. Maka keberadaan TNI dan Polri akan mencegah potensi konflik itu sedini mungkin,” ucapnya.

Dia menambahkan, tugas kepolisian tentang melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat tanpa ada dukungan dan peran serta masyarakat, maka tidak akan bisa berjalan maksimal. “Sehingga Polres Rembang akan membuat surat kesepakatan antara tim sukes, para calon dan akan menindak tegas setiap ada permasalahan dalam pelaksanaan pilkades,”pungkasnya.

Untuk diketahui, dari 43 desa yang bakal melaksanakan pilkades serentak tersebut, terdapat di 14 kecamatan. Yakni di Kecamatan Rembang 3 desa, Lasem 2 desa, Sluke 1 desa, Kragan 7 desa, Sarang 3 desa, Sedan 4 desa, Sale 3 desa, Pamotan 5 desa, Pancur 2 desa, Gunem 3 desa, Bulu 1 desa, Sulang 1 desa, Sumber 3 desa dan Kaliori 5 desa.

Editor : Kholistiono

United Futsal Pc

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.