Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Wakil Bupati Kapuas Hulu Bawa Jajajarannya ke Grobogan untuk Belajar Budidaya Jagung



Reporter:    /  @ 17:30:52  /  21 September 2016

    Print       Email
Bupati Grobogan Sri Sumarni menerima kunjungan tamu dari Pemkab Kapuas Hulu yang akan belajar pengembangan jagung (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Bupati Grobogan Sri Sumarni menerima kunjungan tamu dari Pemkab Kapuas Hulu yang akan belajar pengembangan jagung (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Keberhasilan Grobogan mengelola bidang pertanian, khususnya komoditas jagung tampaknya mendapat apresiasi hingga luar Jawa. Hal ini dibuktikan dengan adanya kunjungan kerja yang dilakukan Pemkab Kapuas Hulu, Kalimantan Barat ke Grobogan, Rabu (21/09/2016).

Jumlah rombongan dari Kapuas Hulu yang berkunjung sekitar 35 orang. Rombongan dipimpin Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero dan Wakil Ketua DPRD Wan Taufik. “Kita bawa rombongan cukup banyak ke Grobogan. Mereka terdiri dari anggota dewan, dan beberapa pimpinan SKPD terkait. Seperti dari dinas pertanian, pedagangan, koperasi dan UMKM,” kata Antonius.

Tujuan utama datang ke Grobogan adalah untuk belajar pengembangan tanaman jagung. Dipilihnya Grobogan untuk tempat belajar, karena wilayah ini merupakan salah satu penghasil jagung terbesar di Indonesia. Produksi jagung per tahun bisa mencapai 700 ribu ton.

Selain itu, produktivitas jagung di Grobogan juga dinilai fantastis. Tiap hektar bisa menghasilkan jagung hingga 5,5 ton. Hasil ini jauh di atas produktivitas jagung di Kapuas Hulu yang hanya berkisar 1,2 ton per hektar.

“Soal pengembangan jagung di Grobogan ini sudah dapat pengakuan nasional. Makanya, kita ke sini khusus untuk belajar pengembangan jagung. Nantinya, akan kita siapkan lahan penanaman jagung di Kapuas Hulu seluas 7.500 hektar,” sambung Antonius.

Di samping belajar penanaman jagung, lanjutnya, rombongan juga ingin studi banding masalah pengolahan jagung pascapanen. Hal itu dilakukan karena di Grobogan, sebagian jagung sudah berhasil diolah menjadi aneka produk makanan dan minuman. Bahkan, sudah banyak pula kelompok usaha yang memproduksi makanan dan minuman dari jagung serta bisa mendatangkan pendapatan menjanjikan.

“Jadi, pada prinsipnya kita mau belajar masalah jagung secara lengkap. Kebetulan di Grobogan sini sudah melakukan usaha dari hulu ke hilir. Dari pihak DPRD Kapuas Hulu juga sangat mendukung upaya pengembangan jagung tersebut. Makanya, para wakil rakyat juga kita ajak serta dalam kunjungan kerja ini,” imbuhnya, sebelum diajak kunjungan lapangan.

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni mengaku bangga dengan kedatangan tamu dari Kalimantan untuk belajar masalah pertanian khususnya jagung. Sri menilai, kedatangan tamu tersebut dinilai cukup tepat karena produksi jagung di Grobogan memang jadi salah satu andalan dari sektor pertanian.

“Produksi jagung kita memang cukup besar dan jadi salah satu penyangga pangan nasional. Kami berterima kasih atas kepercayaan Pemkab Kapuas Hulu untuk belajar ke sini. Dan, kami akan membantu semaksimal mungkin pengembangan jagung disana,” katanya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →