Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

10 Ton Rokok Ilegal Dibakar dan Disiram Air Tinja di Kudus



Reporter:    /  @ 12:00:54  /  21 September 2016

    Print       Email
Petugas memusnahkan sejumlah rokok ilegal di depan KPPBC Kudus, Rabu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Petugas memusnahkan sejumlah rokok ilegal di depan KPPBC Kudus, Rabu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Kudus, memusnahkan  rokok ilegal atau tanpa pita cukai Rabu (21/9/2016).  Jumlah yang dimusnahkan mencapai 10,08 ton rokok ilegal. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang berhasil disita termasuk yang masih berbentuk tembakau.

Kepala KPPBC Kudus, Suryana mengatakan, pemusnahan dilakukan dengan dua hal. Pertama rokok ilegal dibakar di depan KPPBC Kudus, sedangkan sisanya dimusnahkan dengan ditimbun di TPA Tanjungrejo

“Mengenai pemusnahan dilakukan seperti biasanya, yakni dengan dirusak kemasannya, kemudian dibakar sebagai simbolis. Kemudian sisanya dibuang ke TPA,”katanya kepada MuriaNewsCom saat pemusnahan.

Pembuangan sisa yang ditimbun, diangkut dengan 6 unit truk besar. Truk secara beriringan dibawa ke TPA Tanjungrejo, yang lokasinya sudah dipersiapkan dengan galian alat berat.

Menurutnya, pembuangan di TPA, rokok illegal  langsung dikubur dengam tumpukan sampah, untuk kemudian disiram menggunakan air tinja. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi adanya pengambilan ulang dari masyarakat yang bekerja sebagai pemulung di TPA.

Penimbunan itu juga, kata dia sesuai dengan aturan yang berlaku dan sudah dilakukan seperti pemusnahan sebelumnya. Selain itu, pemusnahan dengan cara ditimbun itu merupakan rekomendasi dari Kantor Lingkungan Hidup Kudus. Karena jika pemusnahan dilakukan dengan dibakar, menyebabkan polusi dan juga bau yang dapat mengganggu warga sekitar.

Rokok SKM yang akan dimusnahkan ini sejumlah 4.183.940 batang sedangkan rokok SKT yang dimusnahkan 99.656 batang. Sedangkan untuk tembakau itus sejumlah 3.680 kilogram Sedangkan barang lain yang juga dimusnahkan berupa cetakan kertas menyerupai pita cukai atau jampel 52.873 keping. Kertas CTP 50 rol plastik OPP 49 kilogram dan alat pemanas 43 buah.

“Kerugian negara mencapai Rp 2,979 Miliar dengan jumlah keseluruhan 10,8 ton Pemusnahan barang ilegal,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →