Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

KPU Kudus Kesulitan Dapatkan Data Warga dari Disdukcapil



Reporter:    /  @ 08:00:12  /  21 September 2016

    Print       Email

kpu-e

 

MuriaNewsCom, Kudus – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus kesulitan mendapat data warga dari Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdikcapil) setempat. Karenanya, mereka menggandeng seluruh pemerintah desa untuk melakukan pemutakhiran data pemilih.

Komisioner KPU Kudus Divisi Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih, Pengembangan Organisasi, SDM dan Umum Rumah Tangga Syafiq Ainurridho mengatakan, KPU melakukan pemutahiran data pemilih berkelanjutan menghadai pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kudus, Juni 2018.

“Koordinasi dengan Disdukcapil terkait data warga yang pindah baik ke luar Kudus atau masuk ke Kabupaten Kudus. Namun karena belum ada MoU antara Kemendagri KPU RI, data yang kami butuhkan belum bisa diberikan,” katanya.

Guna mendapatkan data tersebut, KPU melayangkan surat ke tiap pemerintah desa di Kabupaten Kudus. KPU meminta data pemilih terkait adanya warga yang telah meninggal atau pindah domisili.

“Kami juga meminta bantuan kepada Pemdes untuk mendata warga yang sudah berusia 16 tahun pada Juni 2018 mendatang. Hingga saat ini sebagian desa sudah mulai proaktif mengirimkan data yang kami minta,” katanya.

Selain melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, KPU Kudus juga terus menggencarkan pendidikan pemilu kepada warga. Kemarin, KPU menggandeng Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar kelas pemilu di SMA 1 Bae.

Para siswa itu diperkirakan menjadi pemilih pemula pada Pilkada 2018 mendatang. Mereka sebelumnya belum pernah menggunakan hak suaranya. Karena itu perlu diberikan pemahaman terkait pentingnya Pemilu atau Pilkada.

Syafiq mengatakan, pihaknya belum bisa memperkirakan jumlah pemilih pemula pada Pilkada 2018. Sebab, KPU Kudus juga masih menunggu daftar pemilih dari KPU Pusat. “Dengan kelas pemilu ini, diharapkan para pelajar tidak apatis pada politik dan menggunakan haknya secara bijak,” pungkasnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →