Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Diusung Partai Raksasa, Haryanto-Arifin Dipastikan jadi Calon Tunggal



Reporter:    /  @ 12:00:28  /  20 September 2016

    Print       Email
Haryanto (kanan) dan Saiful Arifin berjabat tangan, usai mendapatkan rekomendasi dari Partai Gerindra beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Haryanto (kanan) dan Saiful Arifin berjabat tangan, usai mendapatkan rekomendasi dari Partai Gerindra beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Pasangan Haryanto dan Saiful Arifin menjadi magnet bagi hampir semua partai di Kabupaten Pati. Hingga berita ini turun, Selasa (20/09/2016) pagi, sudah ada tujuh parpol yang mengusung dari sembilan partai yang ada di DPRD Pati.

Kabarnya, PDIP juga disebut-sebut akan memberikan rekomendasi kepada Haryanto dan Arifin, malam ini. Kendati Nasdem belum memberikan sinyal, tetapi delapan parpol yang bakal mengusung Haryanto-Arifin akan mengantarkannya pada calon tunggal.

Pasalnya, Nasdem hanya memiliki empat kursi di DPRD sehingga dipastikan tidak bisa mengusung pasangan tanpa koalisi. “Kalau PKB sudah memberikan rekomendasi secara resmi, satu-satunya peluang bagi calon lain adalah koalisi PDIP dan Nasdem dengan total kursi di DPRD sebanyak 12. Lain cerita kalau malam ini PDIP benar-benar memberikan rekomendasi kepada Haryanto-Arifin, maka keduanya dipastikan melaju sebagai calon tunggal,” ucap Pengamat Politik dari Universitas Diponegoro, Hakim Alif Nugroho.

Menurutnya, keputusan PDIP malam ini akan menentukan apakah Pilkada Pati diikuti calon tunggal atau dua calon yang saling berhadapan. Bila kemungkinan rekomendasi PDIP yang turun adalah Haryanto dan wakil selain Saiful Arifin, Hakim berpendapat Haryanto tidak akan mau.

“Saat Haryanto tidak mau dipasangkan dengan wakil selain Saiful Arifin, kemungkinan muncul calon lain yang diusung PDIP. Kebetulan, Nasdem belum menentukan pilihan sehingga bisa saja koalisi antara PDIP dan Nasdem. Jika kondisi ini benar-benar terjadi, maka ada dua calon yang akan bertarung pada pesta demokrasi nanti. Kuncinya ada di PDIP. Kalau nanti malam rekomendasi PDIP turun Haryanto-Arifin, selesai sudah. Calon tunggal,” imbuhnya.

Sementara itu, Haryanto sendiri mengaku menyerahkan kepada mekanisme partai. Dari awal, dia sudah memberikan peluang kepada semua warga untuk maju sebagai calon bupati. Namun, kebetulan hampir semua partai di Pati mempercayakan kepemimpinan Pati dilanjutkan incumbent. Di sisi lain, calon dari perseorangan nonparpol tidak ada yang mengisi.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →