Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Detik-detik Sumpah Pocong Kasus Perselingkuhan di Ngerang Pati



Reporter:    /  @ 17:42:18  /  19 September 2016

    Print       Email
Kedua warga Dukuh Ngerang, Desa Tambakromo yang akan melaksanakan sumpah pocong menyatakan damai di balai desa setempat, Senin (19/09/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Kedua warga Dukuh Ngerang, Desa Tambakromo yang akan melaksanakan sumpah pocong menyatakan damai di balai desa setempat, Senin (19/09/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Kasus dugaan perselingkuhan di Dukuh Ngerang, Desa Tambakromo, Pati berujung pada sumpah pocong yang direncanakan dilakukan di Balai Desa Tambakromo, Senin (19/09/2016).

Dua kain kafan disiapkan untuk melaksanakan ritual sumpah pocong. Ratusan warga memadati balai desa untuk menyaksikan ritual sumpah pocong, sedangkan dua orang yang akan bersumpah tengah dimediasi di ruang tertutup belakang balai desa.

Setelah dua orang dimediasi, keduanya keluar menuju ruangan Balai Desa. Keduanya dibawa seorang kiai. Warga tampak tak sabar menyaksikan prosesi sumpah pocong.

“Dari hasil mediasi, kedua belah pihak saling memaafkan dan memutuskan untuk islah. Keduanya tidak saling menuntut. Kesepakatan ini ditandatangani kedua belah pihak dengan materai, disaksikan Kapolsek, Kepala Desa dan Perangkat Desa,” ujar Kiai Irfan Morotoko yang memediasi keduanya.

Kedua yang akan disumpah pocong adalah berinisial Y (45), juru kunci Makam Nyai Ageng Ngerang dan S (45), perangkat desa setempat. Keduanya disaksikan ratusan penduduk menyatakan memohon maaf bila ada kesalahan.

Kapolsek Tambakromo AKP Wasito menuturkan, kedua belah pihak sudah saling memaafkan, tidak menuntut baik dari aspek hukum pidana, perdata, maupun hukum adat. Islah disaksikan tiga orang, agar salah satu pihak tidak ada yang menuntut.

Warga yang ingin menyaksikan sumpah pocong justru kecewa, karena ritual yang sudah dinanti-nanti sejak pukul 13.00 WIB tidak dilaksanakan. Penduduk bubar, setelah islah selesai sekitar pukul 17.00 WIB.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Wabup Pati Sidak di Dinas Pertanian, Ini Temuannya

Selengkapnya →