Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Penjamasan Pusaka Kanjeng Sunan Kudus Tutup Akses Peziarah



Reporter:    /  @ 14:35:37  /  19 September 2016

    Print       Email
Pengurus Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus melakukan penjamasan di halaman masjid setempat. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi).

Pengurus Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus melakukan penjamasan di halaman masjid setempat. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi).

MuriaNewsCom, Kudus – Ritual penjamasan keris peninggalan Sunan Kudus di kompleks Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus, membuat akses peziarah tertutup sementara, Senin (19/9/2016). Para peziarah harus menunggu hingga prosesi penjamasan usai jika akan berziarah.

Dalam kegiatan yang dimulai sekitar pukul 07.00 tadi, para peziarah harus terhenti. Pintu makam baru dibuka sekitar pukul 09.30 WIB. Peziarah baru dipersilakan masuk setelah semua prosesi dilaksanakan.

Ketua Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) Nadjib Hasan mengatakan, penjamasan tidak bisa dinikmati masyarakat umum.¬†“Proses penjamasan keris yang dikenal dengan nama keris Kiai Cinthaka¬† yang hadir juga bukan karena diundang,” kata Ketua YM3SK Nadjib Hasan kepada MuriaNewsCom.

Meski demikian, pihaknya tetap mempersilakan masyarakat yang ingin menyaksikan proses penjamasan keris Sunan Kudus tersebut. Hanya, lantaran sifatnya sakral maka suasana tenang harus dilakukan.

Seperti tiap tahun, kegiatan ritual tahun ini dilakukan setelah hari Tasyrik, yang dipusatkan di bangunan Tajug depan pintu masuk kompleks makam Sunan Kudus. “Kalau tidak Senin ya Pasti hari Kamis. Dan pelaksanaan dipastikan usai hari Tasyrik,” jelasnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →