Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Pemkab Rembang Bakal Kucurkan Anggaran untuk Budidaya Cacing



Reporter:    /  @ 13:45:15  /  19 September 2016

    Print       Email
Bupati Rembang Abdul Hafidz (empat dari kanan) foto bersama dengan siswa-siswi peserta Festival Agrikultur yang memenangkan lomba budidaya cacing. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Bupati Rembang Abdul Hafidz (empat dari kanan) foto bersama dengan siswa-siswi peserta Festival Agrikultur yang memenangkan lomba budidaya cacing. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Bupati Rembang Abdul Hafidz berencana bakal menganggarkan dana untuk bantuan budidaya cacing. Hal tersebut, disampaikan bupati ketika menghadiri acara Festival Agrikultur di Desa Ngagem, Rembang, Senin (19/09/2016).

Dirinya berharap, dengan adanya kucuran dana untuk bantuan tersebut, nantinya pembudidayaan cacing bisa lebih berkembang dan dapat mensupport wirausaha di Kabupaten Rembang bisa lebih maju lagi.

“Budidaya cacing ini memang harus mendapat perhatian dari pemerintah. Makanya, nantinya akan kita tindaklanjuti, agar ada anggaran untuk program budidaya cacing tersebut. Mudah-mudahan nantinya terwujud,” ujarnya.

Sementara itu Kaetua Panitia Festival Agrikultur Rembang Rasdadik mengutarakan,  dalam festival ini, salah satu kegiatannya adalah pelatihan budidaya cacing yang diperuntukkan untuk umum, dan peserta juga tidak dipungut biaya.

Sasaran dari pelatihan ini, katanya, juga menggandeng peternak kambing maupun sapi. Sebab budidaya ini juga bisa memanfaatkan sapi dan kambing. “Misalkan saja dari sapi dan kambing, susunya bisa digunakan untuk fragmentasi kapsul cacing, sedangkan kotorannya untuk media dan pakan cacing,” katanya.

Ia katakan, cacing bisa dimanfaatkan untuk perikanan dan untuk obat. “Cacing untuk perikanan akan kita kasih makan kotoran sapi, nanti cacingnya kita olah jadi makanan ikan atau sidat. Sedangkan kotoran cacingnya untuk rumput gajah, dan rumput gajah masuk ke sapi atau kambing lagi, ” imbuhnya.

Menurutnya, dari hasil budidaya cacing tersebut memiliki nilai ekonomi yang cukup menjanjikan dan ramah lingkungan, karena tidak ada limbah yang dibuang. Karena produksi yang dihasilkan dari budidaya tersebut, nantinya siap digunakan untuk obat pakan ikan.”Untuk penjualannya, jangan dikhawatirkan, karena banyak yang akan membelinya. Seperti halnya perusahaan kecantikan, farmasi hingga produsen pupuk sangat membutuhkan,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →