Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Cepat Siapkan Proposal, PDAM Kudus Maksimalkan Hibah dari Tiga Sektor



Reporter:    /  @ 07:35:27  /  19 September 2016

    Print       Email
kudus-pdam-e

Truk-truk tangki sedang mengisi air dari depo yang dimiliki PDAM Kudus di daerah Kecamatan Bae. Salah satu usaha PDAM adalah dengan menyediakan pasokan air bagi sejumlah depo-depo air minum yang ada. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Untuk memaksimalkan peningkatkan pelayanan, terutama membuat sambungan baru, PDAM Kudus memaksimalkan penyerapan dana hibah dari tiga sektor. Kecepatan menyiapkan proposal menjadi salah satu faktor penentunya.

Direktur PDAM Kudus Achmadi Syafa’ mengatakan, guna membuat sambungan baru yang berarti makin bertambanya jumlah pelanggan baru, memang membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

”Anggaran itu tentu saja digunakan untuk memenuhi kebutuhan air baku, jaringan pida, dan yang lainnya. Kita harus hitung semua itu, sehingga nantinya kita bisa tahu kebutuhan kita,” jelasnya.

Tiga sektor yang dimaksimalkan guna mendapatkan dana bantuan itu adalah dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan tentu saja dari pemerintah daerah itu sendiri.

”Kita juga harus bisa menyusun proposal pengajuan dana misalnya, berdasarkan data-data yang sudah kita susun. Semakin cepat akan semakin cepat pula turunnya. Termasuk menyesuaikan dengan pencairan masing-masing dana itu sendiri,” tuturnya.

Achmadi mengatakan, tahun ini pihaknya mendapatkan hibah dari pemerintah pusat, sebesar Rp 10 miliar. Sedangkan untuk tahun depan, pihaknya yakin bisa mendapatkan dana dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

”Ya, itu tadi. Kecepatan kita mengirimkan proposal dan data-data yang kita punya, akan menentukan kecepatan pencairan. Bahkan, kita sudah diminta pihak kementerian, untuk mengirimkan data-data tersebut. Sehingga kami yakin tahun depan, kami juga akan mendapatkan dana hibah lagi dari kementerian,” paparnya.

Namun, Achmadi menambahkan jika pihaknya belum mengetahui berapa besaran dana yang akan dihibahkan tahun depan. Salah satunya, karena PDAM Kudus juga harus menghitung lagi, kemampuan investasi yang ada.

”Dana hibah itu diberikan, berdasarkan pencapaian kecepatan sambungan rumah yang diajukan. Sehingga semakin banyak kita bisa melayani sambungan rumah, semakin banyak dana hibah yang kita dapat,” imbuhnya.

Editor: Merie

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →